22 Juli 2008

Khasiat Binahong

Saya mengenal tumbuhan ini sejak si tole besar mengalami patah tulang dan menjalani operasi bedah. Pertolongan pertama yang saya lakukan terhadap memar pada paha kiri si tole adalah dengan membubuhi daun dan batang Binahong pada memar tersebut, sehingga dapat mengurangi rasa nyeri. Kemudian saya mengambil beberapa helai daun dan akar dari binahong kemudian saya rebus dengan gula batu setelah agak hangat saya minumkan pada si Tole.

Binahong adalah tumbuhan menjalar, berumur panjang (perenial), bisa mencapai panjang ± 5 m,berbatang lunak, silindris, saling membelit, berwarna merah, bagian dalam solid, permukaan halus, kadang membentuk semacam umbi yang melekat di ketiak daun dengan bentuk tak beraturan dan bertekstur kasar.

Bentuk daripada daunnya adalah tunggal, bertangkai sangat pendek (subsessile), tersusun berseling, berwarna hijau, bentuk jantung (cordata), panjang 5 - 10 cm, lebar 3 - 7 cm, helaian daun tipis lemas, ujung runcing, pangkal berlekuk (emerginatus), tepi rata, permukaan licin, bisa dimakan.

Bentuk daripada bunga: majemuk berbentuk tandan, bertangkai panjang, muncul di ketiak daun, mahkota berwarna krem keputih-putihan berjumlah lima helai tidak berlekatan, panjang helai mahkota 0,5 - 1 cm, berbau harum .

Bentuk daripada Akar: berbentuk rimpang, berdaging lunak.

Banyak sumber mengatakan bahwa Binahong (Anredera cordifolia) berasal dari Amerika Selatan, Cina bahkan Korea. Padahal di Indonesia, tumbuhan menjalar yang dikenal dengan nama Gendola ini sudah ada. Tumbuhan ini tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Banyak ditanam di dalam pot sebagai tanaman hias dan obat.

Perkembangbiakkan tumbuhan ini adalah Generatif (biji), namun lebih sering berkembang atau dikembangbiakan secara vegetatif melalui akar rimpangnya

Khasiat Utama

* Mempercepat pemulihan kesehatan setelah operasi, melahirkan, khitan, segala luka-luka dalam, radang usus.
* Melancarkan dan menormalkan peredaran dan tekanan darah.
* Mencegah stroke, maag, asam urat.
* Menambah dan mengembalikan vitalitas daya tahan tubuh.
* Wazir (ambeien)
* Melancarkan buang air kecil, buang air besar.
* Diabetes
* Sariawan berat.
* Pusing-pusing.
* Sakit perut dll.


Untuk pemakaian dalam, ambil rhizoma (umbi) secukupnya, dicuci bersih, kemudian direbus, setelah dingin disaring dan hasilnya diminum 2-3 kali sehari, Cara ini untuk menyembuhkan luka bekas operasi, maag, typus, disentri, kesegaran jasmani (tambah telur dan madu), mencegah stroke, asam urat dan sakit pinggang.

Namun dapat pula umbinya dikeringkan, lalu ditumbuk halus, kemudian dimasukkan dalam kapsul 0,5 mh dan diminum 3 kali sehari.

Untuk pemakaian luar, daun dan batang ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang sakit. Bahan ini untuk menyembuhkan memar karena terpukul, kena api (panas), rheumatik, pegal linu, nyeri urat, perawatan kulit.

Umbi dicampur bahan lain dengan cara direbus bersama daun sirih, temulawak dengan perbandingan ganjil: 7, 9, 13 untuk penyembuhan pembengkakan jantung, pembengkakan lever, kencing manis, kerusakan ginjal dan radang usus besar.

Batangnya untuk mengatasi kelemahan laki-laki, yaitu dengan cara diambil getahnya dioleskan pada penis, diamkan beberapa saat kemudian lakukan sanggama dengan istri. Cara lain dicampur dengan kencur (3 gelas menjadi 1 gelas) diminum tiap malam selama satu minggu.

Hampir semua bagian tanaman binahong seperti umbi, batang dan daun dapat digunakan dalam terapi herbal.

Alhamdulillah.... setelah 4 hari menjalani perawatan, meskipun agak terpincang-pincang dan masih dibantu dengan "JAGRAK", si Tole kini udah sekolah.

23 komentar:

iksan mengatakan...

wah info yang sangat berguna....terima kasih banyak....ditunggu info lainnya

Tony mengatakan...

info yang bagus mas..sepertinya aku pernah liat tanaman itu tapi udah lupa

JALOE mengatakan...

infonya berguna bangeut nih.. cuman sayang yach ngga ada untuk khasiat pria perkasa hehehehe...

eh sekalian promosi ada yg baru di blog ini... udah tahu belum hack ini

Mr. Eagle mengatakan...

thanks infonya bro tambah lagi nih pengetahuan obat2an

tyas mengatakan...

namanya emang binahong ya..?
atau ada nama lainnya..
banyak banget gunanya, perlu juga ditanem di halaman..
thanx infonya yaa..

uNieQ mengatakan...

pengetahuan baru lagi niyh... thx ya mas

tips n trik blog mengatakan...

bos, sdh saya link blog, bisakah link balik? trims banget

tips n trik internet mengatakan...

terima kasih atas infonya bos, tambah ilmu neh, he he

bisnis internet mengatakan...

banyak ilmu yang saya dapatkan di sini, terima kasih banyak, semoga dapat membantu sesama

marsudiyanto mengatakan...

Lagi2 saya juga punya pengalaman tentang tumbuhan saat anak saya sakit di masa kecilnya. Waktu itu sakitnya panas tinggi. Sudah diobatkan ke dokter tapi tidak ada hasil. Lalu "mertua" saya bawakan resep tradisional, pakai tanaman yg ditempat saya namanya "kecombrang". Saya tidak tau bagaimana penggunaannya (yg meramu mertua saya dibantu istri saya), tapi alhasil anak saya sembuh karenanya. Adakah tumbuhan ini di tempat Mas Loedin???

Dunant Arief mengatakan...

Kisah yang menarik...boleh saya tempel kisah ini di blog saya...thx a lot

Anonim mengatakan...

Suparno;
Saya punya pohonnya, dulu beli satu daun 25 ribu. Karena penasaran saya cari bibitnya setelah dapet yang mo beli bibitnya silahkan. Dulu sih untuk obat luka dan diabetes. Dirumah dipetikin Orang tuh. Nih email saya Paraekonomika@yahoo.com. di Depok

Anonim mengatakan...

saya ada bibit di yogya. kalau ada yang memerlukan silakan tidak ada tafifnya, cuma sukarela ganti mbibit & nyiram. dapat hubungi brian.santosa@yahoo.com.

azry mengatakan...

apakah binahong ini bisa didapatkan di lombok

didik mengatakan...

terima kasih atas tulisanya bos, ternyata binahong sangat banyak kasiatnya

ronny mengatakan...

kalo untuk mengatasi darah tinggi gimana ya? soalnya ada yg mengatakan kalo utk darah tinggi jgn dimakan ampas daunnya, dan ada juga yg sebaliknya.. mana yg benar ya? mohon pencerahannya.. terima kasih. :-)

Saung Web mengatakan...

Makasih atas infonya nih..

sarie mengatakan...

ibu saya penderita diabetes baru2 ini ibu saya pernah dioprasi (ada bisul dipunggung yg berdiameter kurang lebih 15cm) samapi skrg bekas lukanya belum kering. adakah resep olahan tumbuhan binahong untuk penyembuhan luka ibu saya. MOhon infonya.
Terimakasih batuannya.

ferry mengatakan...

bisa gak untuk sakit gigi...??? caranya gimana ??? terima kasih..

tango mengatakan...

di sy jg ada, mampir aja krmhku, di jl.colmas 006

fit mengatakan...

wah,saya ingin tahu,apa sich kandungan dari daun binahong? kok dapat menyembuhkan dari berbagai penyakit.

coepank mengatakan...

di rumah guw juga ada daun binahong
daun ini bisa menyembuhkan hampir semua penyakit

Anonim mengatakan...

Gatal gatal eksim yg akut bagaimana cara pengobatan dengan daun binahong

Poskan Komentar

 
Foto Saya
Ketidaktahuan anda adalah kepedulianku untuk selalu memberikan informasi, meski hanya sekedar hilangkan rasa ingin tahu saja.