21 Juli 2008

Change the value vitual memory

Mungkin ini adalah pengalaman menarik bagi saya, oleh sebab itu saya mencoba menulis pengalaman ini barangkali kelak akan bermanfaat bagi saya dan semoga juga bermanfaat bagi rekan-rekan blogger.

Hari Jum'at tanggal 18 Juli 2008 jam 16.35 wib, saat saya lagi mendampingi si Tole opname tiba-tiba HP saya berdering, setelah saya terima ternyata dari rekan saya yang dinas di Asembagus. Dia sengaja datang ke Sidoarjo bukan karena mendengar saya lagi ada musibah, tetapi minta bantuan kepada saya untuk menginstal program ALCPT ( American Language Course Placement Test ).

Menurutnya, sudah beberapa kali dicoba untuk menginstall ALCPT ke dalam NB-nya yang gress alias baru beli, tapi ndak bisa-bisa dan error dengan pesan virtual memory tidak cukup untuk menjalankan program tersebut. Padahal memory yang terpasang 1 Gb. Celakanya lagi dia udah nunggu saya di kantor sejak jam 12.00 wib.

Untungnya si Tole Jum'at sore sudah boleh pulang, setelah sampai di rumah saya bergegas menuju ke kantor untuk menemui teman saya tersebut. Apalagi istri saya juga mengiyakan saat aku pamit untuk menemuinya, kasihan jauh-jauh datang dari Asembagus.

Setelah saya pelajari permasalahannya, saya kemudian mencoba mengambil langkah sebagai berikut :

1. Klik Start, kemudian pada My Computer klik kanan.

2. Klik Property, lalu klik Advenced.

3. Pada Performance klik setting, kemudian muncul jendela Performance Option.

4. Klik Advenced, kemudian pada Virtual Memory klik Change.

5. Pada Custom Size saat itu saya lihat di Initial size tertera nilai 200 mb, mungkin ini penyebabnya, kemudian nilai tersebut saya rubah menjadi 4000 mb demikian juga pada maximum size saya sesuaikan dengan kapasitas memori, kemudian klik OK

6. Setelah itu saya restart NB

Alhamdulillah, setelah saya klik aplikasi ALCPT... program tersebut langsung ngacir.

Temanku bilang.. "Wah kalau hanya begitu saja mending tadi aku telepon kamu, Din"

"Makanya jangan GAPTEK...." jawabku

Semoga pengalaman ini menambah wawasan bagi saya maupun rekan-rekan semua..amien

1 komentar:

iksan mengatakan...

postingannya canggih2 aku gak bisa koment nich :P

Posting Komentar

 
Foto saya
Ketidaktahuan anda adalah kepedulianku untuk selalu memberikan informasi, meski hanya sekedar hilangkan rasa ingin tahu saja.