27 November 2007

Rahasia Perhitungan Hari Jawa


Sebagaimana kita ketahui, bahwa dalam peradaban "JAWA" banyak kita jumpai aturan-aturan yang bersifat mengikat. Hal ini karena aturan-aturan tersebut merupakan wawasan dari nenek moyang kita yang sudah turun temurun diyakini dan disosialisasikan dalam kehidupan bermasyarakat khususnya dilingkungan masyarakat suku Jawa. Wawasan nenek moyang tersebut dalam kehidupan bermasyarakat disebut dalam istilah " ILMU TITEN". Mengapa disebut demikian ? Hal ini karena aturan-aturan tersebut berdasarkan pengalaman dan pengamatan terhadap hal-hal yang terjadi pada perubahan alam yang dikaitkan dengan kejadian yang berlaku dalam kehidupan mereka saat itu.
Salah satunya adalah perhitungan hari dalam menentukan perjodohan, membangun rumah atau neptu/ weton dari kelahiran seseorang. Saya mengajak para generasi muda, khususnya generasi-generasi suku jawa untuk mengingat kembali sekaligus melestarikan budaya Jawa agar pengetahuan terhadap budaya tersebut tidak hilang begitu saja terlindas oleh kemajuan teknologi yang berkembang dengan pesat saat ini. Jangan sampai kita sebagai generasi muda dikatakan tidak pecus atau apatis untuk tidak dapat melestarikan budaya kita sendiri, terlebih kita hidup di pulau Jawa.

Pada kesempatan ini saya mencoba mengulas kembali bagaimana orang tua kita menghitung Neptu/ Weton hari lahir sebagai acuan untuk menentukan baik buruknya suatu rencana yang akan kita laksanakan. Sebagaimana kita ketahui, bahwa hari lahir ( weton ) adalah merupakan awal dari manusia dalam kehidupannya di dunia ini, sangat diperlukan sekali bagi kita untuk mengetahui "Hari Lahir (Weton) " kita masing-masing. Sebagian besar suku Jawa menyakini bahwa merahasiakan hari lahir ( weton ) itu sangat penting, karena dengan diketahuinya hari lahir/ weton seseorang akan mudah bagi orang lain untuk berbuat hal-hal yang bersifat negatif, salah satunya santet atau teluh. Terlepas dari itu semua, tergantung pada keyakinan kita masing-masing.

Untuk menghitung Neptu hari lahir ( weton ) berikut Pasarannya ada pedoman/ patokan angka yang digunakan oleh masyarakat orang jawa, berikut table hari, pasaran dan neptu seperti dibawah ini :



Dari pedoman/ patokan neptu hari dan pasaran di atas, dapat disusun suatu matrik/ tabel yang mana kita dapat mengetahui jumlah neptu hari lahir kita. Tabel perhitungan hari dan pasaran sebagai berikut :

Cara penggunaan tabel adalah sebagai berikut : Misalnya kita lahir pada hari Minggu Kliwon, untuk mengethui berapa jumlah neptu kita maka kita lihat pada hari Minggu yang neptunya 5, kemudian kita tari ke arah pasaran Kliwon yang neptunya 8. Langkah berikutnya kita jumlahkan kedua neptunya sebagi berikut : 5 + 8 = 13, jadi jumlah neptu untuk Minggu Kliwon adalah 13.

Bagi rekan-rekan yang tidak mengetahui hari lahirnya dapat dicari dengan menggunakan tabel berikut :



Penggunaan kedua tabel diatas adalah sebagai berikut :

  • Misal hari kemerdekaan bangsa Indonesia jatuh pada tanggaal 17 Agustus 1945. Tanggal tersebut jatuh pada hari apa ? Cara mencarinya adalah kita cari angka 45 pada tabel tahun, kita tarik gurus lurus ke kanan sampai bulan Agustus dan kita dapatkan angka 3.
  • Kemudian angka 3 dijumlahkan dengan angka 17 (tanggal) hasilnya adalah 20.
  • Kita cari angka 20 di tabel "Pencarian hari berdasarkan angka ", kita dapatkan angka 20 terletak pada baris "Jum'at".
  • Dari perhitungan tersebut diatas menunjukkan bahwa tanggal 17 Agustus 1945 jatuh pada hari JUM'AT.
  • Tentunya kita ingin mengetahui Neptu atau pasaran dari tanggal 17 Agustus 1945 jatuh pada hari Jum'at dengan Neptu apa? Berikut tabel untuk mengetahui Neptu/ Pasaran :



    Cara mengetahui Neptu/ Pasaran suatu Tanggal kelahiran dengan menggunakan tabel di atas adalah sebagai berikut :
  • Kita gunakan Contoh diatas yaitu tanggal 17 Agustus 1945 yang mana kita sudah mengetahui bahwa tanggal tersebut jatuh pada hari Jum'at. Disini kita tinggal mencari Neptu/ pasaran dari tanggal tersebut.
  • Kita cari angka 45 pada tabel "Tahun" kemudian kita tarik garis lurus ke kanan sampai pada bulan Agustus yang didapatkan angka "1".
  • Kemudian kita jumlahkan angka "1" dengan 17 (tanggal ) hasilnya adalah "18".

  • Kemudian kita cari angka "18" pada tabel "Pasaran berdasarkan angka" yang mana kita dapatkan angka tersebut terletak pada baris "LEGI".
  • Dari hasil diatas menunjukkan bahwa tanggal 17 Agustus 1945 jatuh pada hari "JUM'AT LEGI" dengan jumlah neptunya adalah "11" ( perhitungan Neptu lihat pada Tabel perhitungan Hari dan Pasaran " )

  • Demikian cara-cara mengetahui perhitungan hari lahir yang merupakan moment penting bagi kita. Semoga bermanfaat khususnya bagi generasi muda sebagai wujud peduli kita untuk melestarikan budaya yang ada.


    44 komentar:

    Cristiane mengatakan...

    Hello
    Thank you for the visit to my blog Messaging & Etc. .. ®.
    Now I am with new design, it was very beautiful!
    Make a visit and say what they thought in my mural.
    Return ever!
    My blog is hosted on the site of UOL.
    The Layout - Designs AB was made. Site: http://ab-designs.net/

    oom mengatakan...

    saya gak begitu ngerti hitungan jawa..but thanks infonya :)

    ichaAwe mengatakan...

    wah info menarik nih...di arab sini juga ada hitung2an begitu

    Apriyadi mengatakan...

    saya lahir 01 april 1979,calon saya lahir 30 dec 1984.kalau menurut hitungan jawa apa cocok

    Cristiane mengatakan...

    Oi,
    Tudo bom!
    Gostei do seu blog!
    I like your blog!
    Very nice!
    I can from Brazil, Rio de Janeiro.
    Thank your visit of my blog!

    Anonim mengatakan...

    mau tanya mas apa hitungan itu benar cos saya dilahirkan 16 maret 1984 menurut hitungan hari jumat pahing
    tetapi menurut ibu saya yang ngelhirin kok saya lahir hari sabtu pahing
    ada yg bisa ngasih penjelasan

    Anonim mengatakan...

    sinuwon mas, kulo ambil infonya. thanks

    Anonim mengatakan...

    kalo tgl 25 mei hari apa pasaranya apa?

    Anonim mengatakan...

    saya 30januari83 cewek saya 16 november 86...
    klo dliha dari neptu cewek aq lebih besar...???
    truskira2 klo d terusin masa depan ntar gmn ya....??mohon infony...????

    Anonim mengatakan...

    permisi mas, saya coba cari2 hari pasaran saya tapi kok gak cocok yamas,18 agst 70 mnrt ortu saya selasa pon tapi mnrt tabel kok selasa wage ya, yang betul mana ya mas? thank infox

    Anonim mengatakan...

    sangat bermanfaat. perlu dilestarikan

    burham mengatakan...

    Tks infonya: cukup jelas dan terang daripada baca mujarobat, puyeng! Eh! Saya diwarisi dari Kakek sebelah, kayu seperti parutan kelapa dengan petak2 simbol. Saya tidak tahu apa makna dan penggunaanya. Menurut Bibi ini Petungan Jawa! Petung?

    Ayu Tri mengatakan...

    waduh lieur..but thanks for the info

    Anonim mengatakan...

    aku mo NanYa tanggal 5 maret pas itu Jumat pahing...kenapa kok hari itu sial bagiku????sedangkan aku lahir sabtu pahing.itu nggak biasa.terjadi ...soalnya tadi malam aku habis kemalingan ya...mohon pencerahanya...

    Erry mengatakan...

    Mansstab..........Kren infonya

    WONG GANTENG mengatakan...

    MANTAB BROW, THANKS BANGET

    Ari Widianto mengatakan...

    Wah trims mas, membantu sekali . . . pengen tau weton cewek ni. sapa tau jodoh he he

    Fendra mengatakan...

    Mas ini sangat keren tapi yg disayangkan adalah kurangnya informasi mengenai pola tabelnya itu loh mas.. jika menghitung hari diatas tahun 2004 gimana mas? tolong tutornya sekalian.. biar gak punah Mas budayanya.
    makasih y mas

    ki ndoko samudro mengatakan...

    prett....

    Anonim mengatakan...

    saya waktu mau masuk sekolah dengan usia yang ngawur karna ibuku gak tau thn kelahiran saya, ttp ibuku hafal hari, tgl dan bulan lahir saya. yaitu tgl 2 bln ruwah, hari jum'at kliwon. pertanyaanya pada thn berapa saya di lahirkan. trimakasih.

    Anonim mengatakan...

    pak kurang lengkap hari pasaranya . n kasih tau yg sebenarnya juga

    Mbah Chikungs mengatakan...

    pusing juga ikut itung-itungan gini...

    Mujahidin mengatakan...

    permisi... ikut melestarikan budaya.. :)

    matping mengatakan...

    jika bermanfaat ya di pakai ,jika tidak buat apa?,saya orang jawa menurut pengamatan sih sama aja antara yg pakai hitungan sama yg tidak(untuk masalah perkawinan).menurut saya sih buang2 waktu hitungan jawa itu?

    didit mengatakan...

    utk yg lahir tggl 16 maret 1984.......klo menurut hitungan jawa lahir di atas jam 3 sore ato setelah ashar itu di hitung masuk hari sabtu walau di tggl masih hari jum at

    Anonim mengatakan...

    saya pusing.. gag ngerti caranya.. tp trima kasih infonya

    Anonim mengatakan...

    saya felicia mau menanyakan tuk buka usaha hari jawa yg baik apa? trus untuk pindahan hari apa yg baik? tolong berikan saya beberapa hari tuk pilihan.

    Anonim mengatakan...

    saya bisa minta perhitungan hari dan pasaran mulai tahun 2005 s/d 2020

    retno mengatakan...

    hubungan saya terganjal di msalah weton kami rabu wage dan kamis wage, karena saya penasaran kalo di lanjutkan akan seperti apa???

    indra mengatakan...

    BAGAIMANA CARA MENCIPTAKAN TABEL TERSEBUT? (RUMUSNYA)

    firman sahoji mengatakan...

    Tgl 17 = jumlah seluruh rakaat dalam sholat
    Bulan 08 = 17=>1+7=8
    Tahun 1945 =
    Pukul 10 =
    Jumlah 17+08+19+45+10 = 99 nama suci allah

    SATRIA TENGGER mengatakan...

    all mas bro
    tlng carikan tahun lahirku
    kuncinya, rebo pon bulan sura
    makasih ya?!

    Anonim mengatakan...

    thanks bgt gan infonya sangat membantu bgt. lengkapi lagi biar lbh menarik

    Abdul Aziz mengatakan...

    mkch bnyk moga jadi amal baik mu

    yunita mengatakan...

    many thanks to loedin... q tertolong banget waktu bingung cari hari pasaran anakku untuk ngurus akte kelahiran. ee sekali klik dapet deh infonya...

    Mas Brow..... mengatakan...

    maaf "Tabel Mencari Hari Lahir" kurang jelas gambarnya antara angka 5 dan 6 kabur.....bisa minta email gambar yg jelas ndak.....kirim di ns_df@yahoo.co.id.......thanks.....

    ida mengatakan...

    mau tanya, klo tgl. 1 januari 1962, jatuh pada hari apa, dan wetonnya apa.

    soeratin hendrajaya mengatakan...

    Trima ksih bang loedin yg tlh mmbrkan info tntg petungan jawa sbg tinggaln nenek moyang kita,mari kita uri2 budaya jawa karna kita orang jawa hrs bisa mnghargai budaya jawa,perlu di ingat bhwa budaya petungan jawa itu sekarang justru orang2 china yang lebih paham dn masih mmbudayakanya,jika orang2 chinapun mau menghargai budaya jawa knapa kita tdk ? stidknya kita prlu tahu terlepas mau mempercayainya ato tdk itu smmua berpulang pda kyakinan kita masing2.yang jlas ingin tau bukan berarti mempercayainya.... tp klo skdar tau dn ada rumus menghitung tanggal klahiran yang sbenarnya yang kita lupa knapa rumus ini tdk kita pakai ? agaar kita bsa tau tgl lhr,hri lhr yang sbenarnya......... bang loeudin tmbahkan terus pengalaman anda tntang petungan jawa.

    soeratin hendrajaya mengatakan...

    kami mengajak kawan2 yang pduli dengan budaya jawa mari kita lengkapilah khasanah budaya ini agar anak cucu dan keturunan kita kedepan tdak lupa dengan budaya jawa.lestarikanlah budaya kita sbgai tinggalan leluhur.

    gopar1010 mengatakan...

    oke trimakasih saya jadi p alam dunyo unya catatan
    Dayaning alam ada di rahasia angka tersebut
    buat saya disinilah salah satu bentuk iqro' bismirobika yaitu membaca alam..........
    (maaf tak bisa coment banyak) weruh tapi ya gak meruhi tapi kalo di bidang alam dunia sience aku beraniomong banyak : www.amartha-satunus.blogspot.com
    let me intruduce my self trought that blog thaks

    connex mengatakan...

    jadi tahu gan

    terima kasih buat infonya gan ^_^

    Bakso Dua Putra Solo mengatakan...

    terima kasih..karena sudah di buatkan perhitungan hari jawa....dan memang sangat di perlukan sekali bagi masyarakat jawa seperti saya...bagi masyarakat jawa hidup di manapun..adat istiadat jawa tetaplah penting....

    terima kasih kepada saudara loedin yg sudah menulis ini...

    Bakso Dua Putra Solo mengatakan...

    terima kasih..karena sudah di buatkan perhitungan hari jawa....dan memang sangat di perlukan sekali bagi masyarakat jawa seperti saya...bagi masyarakat jawa hidup di manapun..adat istiadat jawa tetaplah penting....

    terima kasih kepada saudara loedin yg sudah menulis ini...

    karjo13 mengatakan...

    manteb dah gan..... heheheheheheee.....

    Poskan Komentar

     
    Foto Saya
    Ketidaktahuan anda adalah kepedulianku untuk selalu memberikan informasi, meski hanya sekedar hilangkan rasa ingin tahu saja.