18 Oktober 2008

Manfaat Daun Seledri

Seledri merupakan sayuran/ tanaman yang oleh banyak masyarakat Tiongkok tradisional sejak lama digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya kandungan Apigenin yang dapat mencegah penyempitan pembuluh darah. Efek tersebut akan menjadi lebih besar berkat adanya komponen Pthalide yang dapat merilekskan pembuluh darah.

Di sisi lain Seledri juga mengandung Fitosterol, yang sangat berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Di samping berfungsi untuk mencegah kanker dan membentuk permeabilitas kulit yang baik. Seledri juga bermanfaat untuk memelihara kebersihan mulut dan kesehatan gigi terutama bagi lanjut usia.

Seledri mentah dapat merangsang produksi air liur sehingga dapat membantu melumpuhkan aktivitas kuman yang dapat mengakibatkan gigi keropos. Seledri, karena kandungan seratnya, juga dapat membersihkan sisa makanan yang terdapat di sela gigi. Lebih dari itu, seledri juga dapat menyegarkan aroma mulut.

Perlu diketahui bahwa Seledri mempunyai komponen gizi yang cukup baik, jumlah vitamin K dan vitamin C termasuk dalam kategori sangat baik. Kandungan Kalium, Folat, Serat, vitamin B6, Mangan -nya berkategori baik. Selain itu Seledri juga cukup mengandung sumber kalsium, vitamin B1, Magnesium, Vitamin A, Triptofan, zat besi dan vitamin B12.

Untuk mendapatkan khasiat yang optimal, perlu dipilih seledri yang warnanya terlihat masih hijau dan berjenis besar serta masih segar. Untuk menyimpannya usahakan bungkus dengan plastik lebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam lemari es.

Untuk mengkonsumsi seledri, ada berbagai cara. Kalau di JUS, cukup dengan 3 - 5 tangkai dan sebaiknya dikombinasi dengan buah untuk mengurangi rasa LANGU, serta diminum 2 kali sehari. Dalam keadaan mentah, Seledri dapat dikonsumsi sebagai lalapan.

Selamat mencoba.


11 komentar:

Eucalyptus mengatakan...

Thank's ya infonya, bermanfaat banget neh

frendli mengatakan...

infonya menarik.... :)

erwin mengatakan...

owg..baru tau saya..

marsudiyanto mengatakan...

saya banyak belajar dari sini...
banyak manfaatnya buat saya...

Tony mengatakan...

sering konsumsi lho :D

JALOE mengatakan...

wew nice info keren mas..

* oh nilai left-nya tambahin sj mas, atau tambah margin

zyoer manies mengatakan...

emang bener bandet ne info...................

Anonim mengatakan...

Kalau pakai juicer hanya batangnya saja yang dipakai kan? Daunnya tidak. Begitu bukan?

m.j.harahap mengatakan...

sdh satu minggu mengkomsumsi blm terasa khasiatnya

Asmara Susanto mengatakan...

papa sy pake seledri jadi gk darah tinggi nih, thanks untuk infonya PAPA SAYA JADI SEHAT

--"==VISITBACK=="--

Anonim mengatakan...

Sebelum diracik baca do'a dulu & sebelum digunakan do'a lagi biar lebih yakin manfaatnya.

Poskan Komentar

 
Foto Saya
Ketidaktahuan anda adalah kepedulianku untuk selalu memberikan informasi, meski hanya sekedar hilangkan rasa ingin tahu saja.