21 Mei 2008

Design Cover CD ( Corel Draw X4 )


Agar koleksi CD musik maupun video kita lebih bagus penampilannya, perlu diberikan cover yang kita design sendiri. Kali ini bidikCOM mencoba membuat design cover CD dengan menggunakan Corel Draw X4. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Open Corel DrawX4, atur page setup dari toolbar ; layout : pada paper klik Custom ; Width dan hight : 10, 5 mm ( CD mempunyai diameter 12 cm, kita kurangi diameternya dengan tujuan agar cover plastik pelindung dapat menempel pada bidang CD )

2. Buat bidang lingkaran dengan klik "Ellipse Tool (F7)" pada toolbox, kemudian arahkan mouse pada ujung sudut kiri atas pada bidang halaman kemudian tarik arah diagonal ke ujung sudut kanan bawah bidang halaman, dengan tujuan bidang lingkaran supaya simetris.

3. Dengan bantuan guidelines kita cari titik pusat lingkaran dengan maksud untuk menempatkan lingkaran kecil dengan diamater 1,5 mm yang berfungsi sebagai lubang CD.

4. Proses selanjutnya, kita import file gambar yang sudah kita siapkan terlebih dahulu dan atur gambar dengan diameter sesuai bidang lingkaran. Masih dalam posisi gambar terseleksi, klik "effect" pada toolbar ; klik "powerclip" ; klik "place inside container". Akan muncul anak panah hitam, kemudian arahkan anak panah tersebut ke bidang lingkaran kemudian klik. Lihat gambar dibawah ini



5. Untuk menambahkan tulisan yang mengikuti alur lingkaran, caranya adalah sebagai berikut : buat lingkaran bantu dengan ukuran lebih kecil dari lingkaran utama, kemudian buat tulisan di sekitar lingkaran tersebut. Seleksi bidang lingkaran dan tulisan yang telah kita buat, kemudian klik "Text" pada toolbar; klik " Fit text to path " , hasilnya seperti gambar dibawah ini



6. Apabila kita ingin merubah posisi tulisan, tinggal menggeser kotak merah kecil pada ujung tulisan, untuk membalik posisi tulisan klik "mirror horizontally", kemudian klik "mirror vertically". Tempatkan tulisan dan bidang lingkaran bantu ke dalam lingkaran pokok, atur sesuai keinginan anda. Untuk menghilangkan lingkaran bantu, klik "ShapeTool", klik lingkaran bantu dan del. Hasilnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.



7. Oke saya rasa demikian cara membuat cover CD dengan Corel Draw X4, moga berguna dan tentunya mohon bagi sobat yang lebih tahu tentang program ini untuk memberikan masukkan.... terima kasih.

8 komentar:

FerrYLiu mengatakan...

malam mas..
eh, pagi...
pagi-pagi gini blogwalking nih..
sekalian mau nanya..
kalo udah di buat ampe jadi cover gitu, terus mau ngeprint nya gimana yah? biar pas ke kertas yang buat nempelin di cd itu..
thankz.
FerryLiu

Anonim mengatakan...

iy mas bysana wkt ngeprint..g pas lingkarannya..

sam mengatakan...

ajarin cara buat sampul buku dong bro!

bc mengatakan...

to sam : untuk sampul buku, saya menggunakan Adobe

Anonim mengatakan...

lem apa yg digunakan utk nempelnya......??????

Rizki komputer mengatakan...

Y mas ajarin donk???.

Rizki komputer mengatakan...

Ya mas ajarin donk??.

tegar mengatakan...

wah nice tutor nih Kak. Makasih. Oya main juga dong ke blog ku di tegarcrafts.blogspot.com

Poskan Komentar

 
Foto Saya
Ketidaktahuan anda adalah kepedulianku untuk selalu memberikan informasi, meski hanya sekedar hilangkan rasa ingin tahu saja.