31 Desember 2007

Si Pengerat 2008



Semestinya kita bersuka cita menyambut pergantian tahun, seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun dengan perkembangan situasi dan kondisi tanah air seperti sekarang ini, apakah kita masih pantas untuk menyambut pergantian tahun dengan hura-hura sementara sanak kadang, saudara-saudara kita di beberapa wilayah nusantara bergelut dengan rasa cemas dan terlilit oleh pedih kelaparan dan kedinginan....serta hiruk pikuk tangis dan erangan kesakitan???

Mari kita bertanya pada diri kita..... sudahkah kita ikut merasakan kepedihan saudara kita yang tertimpa bencana meskipun kita tidak mengalaminya ....???? Sudahkah kita merasa prihatin dengan penderitaan mereka, sudahkah kita merasa peduli dengan nasib mereka .....????

Sungguh kebanggaan bagi mereka yang berjingkrak-jingkrak di pentas gemerlap panggung dan atraksi mewah, apabila MISI mereka untuk menggalang DANA guna meringankan beban nasib saudara kita yang tertimpa musibah. Namun sungguh tak bermoral andai mereka berjingkrak karena sekedar meluapkan rasa senang karena tradisi menyambut pergantian tahun.

Mari..kita bangkitkan rasa trenyuh, prihatin dan peduli dalam hati nurani kita. Keluarkan semua emosimu, semua aspirasimu, semua egomu, semua uneg-unegmu di pergantian tahun ini dengan tujuan untuk kepedulian terhadap saudara-saudaramu..... terhadap nasib bangsamu. Pekikkan terompetmu dengan keras guna menggugah hati mereka yang masih tidur dan terlelap, agar mereka peduli terhadap derita bangsa ini.

Mari.... dalam menyambut pergantian tahun ini, kita satukan visi dan misi untuk ikut peduli terhadap bumi pertiwi yang terus menerus menangis oleh derita yang tak pernah kunjung henti.

Jangan biarkan ibu pertiwi mengelus dada tiada henti, jangan sampai Tuhan merasa bosan dan marah melihat tingkah kita yang merasa tidak punya dosa.

Sekali lagi .... mari kita bangkitkan rasa peduli dan keprihatinan kita terhadap nasib bangsa ini.

Selamat Tahun Baru 2008.... semoga di tahun Pengerat ini, petaka tidak terus menerus menggerogoti dan menebar virus derita di bumi pertiwi yang kita cintai.

27 Desember 2007

Rongewoe Woloe



Selamat datang kakangMAS

Kuberikan tanggung jawab yang telah kusandang selama umurku
Kubenamkan sukaku....... namun kutitipkan dukaku
Tolong perbaiki wajah ibu pertiwi..... jangan buat dia menangis
Jangan putus asa kakangMAS..... badai pasti berlalu
Dan biarkan semuanya berlalu seperti apa adanya......
................................ bila kakangMAS tidak mampu


22 Desember 2007

Alunan Bisikan Sang Bunda




Masih membekas dalam ruang benakku....
Saat bunda mengusap lembut kepalaku dan mengecup keningku dengan kehangatan kasih
Sebuah bisikan halus diiringi desiran napas harum menerpa daun telingaku....
" Kelak kalau kau jadi orang tua..... ingat pesan bunda....
Jangan kau cubit anakmu karena si anak akan belajar memukul....
Jangan kau menggerutu karena si anak akan belajar memaki....
Jangan kau berbohong karena si anak akan belajar kianat.....
Jangan kau pilih kasih karena si anak akan belajar mendengki....
Jangan kau paksakan kehendakmu karena si anak akan belajar berontak......
Berikan kelembutan pada anakmu, dengan begitu si anak akan belajar mengasihi.....
Berikan kepercayaan pada anakmu, dengan begitu si anak akan belajar bertanggung jawab....
Bersikaplah adil pada anakmu, dengan begitu si anak akan belajar menghargai......
Berbicaralah yang lembut pada anakmu, niscaya si anak akan belajar Santun.....
Berikan keleluasaan kepada anakmu, dengan begitu si anak akan belajar mandiri...."

Rangkaian petuah lembut itu...
Selalu terbersit dalam naluriku...saat kini dan semoga terbawa mati olehku
Alunan bisikan Sang Bunda itu....
Selalu aku anut dan kututurkan dalam untaian kasih pada sang buah hati
Bunda..... dengan tulus kuhaturkan rasa terima kasihku.....

SELAMAT HARI IBU.... Bunda.... Nun jauh kuucapkan dari jejakmu....
Namun dekat dari setiap butiran kasih sayang dan rasa hormatku




19 Desember 2007

Tamiya Ngacir ( Tutorial Animasi )


Kali ini bidikCom ingin mengajak rekan-rekan blogger untuk belajar membuat animasi Tamiya, yang merupakan perpaduan corelDRAW X3 dan Microsoft Gif Animator.

Kurang lebih hasilnya seperti di bawah ini :



Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Buka program corelDRAW X3 >Layout > Page Setup > Paper = Custom > Width = 400 px ; Height = 300 px.

2. Pada Toolbox klik Rectangle Tool untuk membuat background dengan ukuran sama dengan lebar kanvas. Berikan warna dengan klik Fill Tool > Fountain Fill dialog > Type = Radial > pada Colorblend > Two color : From = Cyan ; To = White ; Midpoint = 30 ; Edgepad = 0%.

3. Pada Toolbox klik Polyline Tool untuk membuat lintasan Tamiya. ( bentuk garis tepi pertama, kemudian kopi garis tersebut untuk membentuk garis tepi kedua kemudian atur sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah lintasan. Seleksi kedua garis yang sudah membentuk lintasan tersebut, kemudian pada Property Bar klik Trim untuk menyatukan kedua garis sehingga nantinya dapat diwarnai. Berikan warna 20% black.

4. Langkah selanjutnya membuat mobil Tamiya. Pada Toolbox > Rectangle Tool , buat sebuah bidang kotak, berikan warna merah. Untuk mengatur kelengkungan garis kita pakai Shape Tool lalu klik Convert to Curve ( Ctrl + Q ) pada Property Bar. Khusus membuat roda, pada kelengkungan roda gunakan Rectangle Corner Roundness.

5. Setelah mobil Tamiya selesai, letakkan pada lintasan yang sudah ada. Lihat gambar dibawah ini :



6. Ubah sedikit demi sedikit posisi mobil pada lintasan dengan catatan setiap perubahan posisi mobil kita Capture dengan menggunakan corel Capture X3 lalu buka dan crop dengan corelPHOTOPOINT X3. Kemudian save as dalam bentuk file .GIF. Dari proses tersebut kita akan mempunyai gambar sebanyak 17 gambar.

7. Langkah selanjutnya kita buka program Microsoft Gif Animator. Open file = masukkan gambar 17, kemudian dengan Klik Insert masukkan gambar 16 berturut-turut hingga sampai dengan gambar 1.



8. Pada Animasi centang Looping dan Repeat Forever

9. Pada Image, Duration = 20 ; Undraw methode = leave, kemudian save. Hasilnya lihat gambar animasi di atas.

Selamat mencoba, semoga Tamiya Ngacir dapat menambah wawasan kita dalam menciptakan karya animasi.


13 Desember 2007

Kita lahir bukan dari PANTAT AYAM



Kalau kita mau menyadari fitrah kita terlahir di dunia, tentu dunia yang semuanya serba semu dan fana ini tidak akan pernah terjadi keributan. Kita hidup saling membutuhkan, saling tergantung dengan komponen lingkungan di mana kita berada. Manusia merupakan makluh sosial yang beradab bukan biadab.

Untuk apa manusia yang sekali hidup di hamparan bumi ini saling mengumpat, saling bertengkar, saling berebut sesuatu yang belum tentu itu adalah hak kita.

Ingat.....!!!! kalau dirimu merasa sebagai manusia...... Pandai-pandailah menjaga harkat dan martabatmu sebagai manusia. Pandai-pandailah memahami dan mengartikan fitrah kita sebagai manusia. Janganlah mencoba menantang bahaya kalau sekiranya ada jalan yang lebih aman. Pandai-pandailah memanfaatkan peluang yang ada selagi dirimu bisa. Pandai-pandailah memanfaatkan fasilitas yang tersedia bagimu, jangan kamu sia-siakan hanya untuk sekedar celotehan napsumu yang brutal.

Sebagai insan blogger.... kita tentu tahu prosedur cara membuat blog, menghias dan menuangkan inspirasi kita di dalamnya termasuk juga aturan yang sudah disepakati.

Pandai-pandailah memanfaatkan fasilitas gratis ini. Memang kita bebas menuangkan apa yang ada dalam otak kita, tapi itu ada batasannya bukan? Jangan karena semua gratis, membuat manik-manik sebagai penghias sidebar bahkan sampai menaruh "titik dan koma" pun gratis lantas seenak "udel-nya" menggoreskan semua kebrutalan benak kita di lembaran demi lembaran. Janganlah berteriak "GANYANG " sana-sini kalau dirimu masih belajar "Mengunyah", jangan seperti seorang Pandir dan keledainya yang mencoba belajar politik sementara kamu masih belajar mengeja "B" - "O" - "D" -"O" -"H". Jangan kau isi karyamu dengan caci maki, jangan kamu hiasi ilustrasimu dengan pekikkan biadab dari hatimu yang kau anggap suci. Ingat, kita berhasil membuat sebuah blog bukan karena kita pandai membuat simbol "CENTANG" pada syarat dan ketentuan yang wajib kita taati.

Ingat..sobat kita lahir dari rahim seorang ibu bukan dari seekor induk ayam. Jangan suka "PETAK-PETOK" yang belum jelas makna dan tujuannya. BLOG bukan untuk mencari LAWAN tetapi dengan Blog kita raup KAWAN sebanyak-banyaknya. Mari belajar mawas diri, mengendalikan diri dari apa yang membuat hati kita teriris. Biarlah manusia lain berteriak lantang namun kita jangan ikut-ikutan berteriak. Bolehlah manusia lain meringkih namun janganlah kita mencoba untuk menggonggong. Ingatlah sobat.... apa yang tertuang dari diri kita, itu adalah gambaran diri kita. Maka baik-baiklah melukis gambaran kita dalam kanvas gratis ini.

Ingat manusia dan telur ayam sama-sama keluar dari sebuah LUBANG, namun hanya beda istilah dan letaknya. Manusia bisa makan sate ayam, namun sebaliknya ayam tidak bisa makan sate manusia, kecuali sisa-sisa makan kita dan mungkin "Tinja" kita.

Ingat..... kita lahir bukan dari PANTAT AYAM. Jagalah KEBERSAMAAN kita di dunia ini, karena kebersamaan sangatlah INDAH.

Bidikkan kali ini kutujukan khusus buat sobat blogger INDONESIA & MALAYSIA yang suka GANYANG MENGGANYANG, dan sebagai himbauan bagi sobat yang belum belajar MENGGANYANG

12 Desember 2007

Senandung dari Seberang



"Kupu-kupu nan lucu.....Kemana engkau terbang......"

Sepenggal senandung lagu kanak saat Bundaku mendendangkannya dengan penuh kasih menjelang tidurku diwaktu aku masih belajar merangkak.
Kini senandung itu masih terus kuingat dan ku ajarkan kepada sang pejantanku untuk bekal nanti masuk Taman Kanak-kanak.

Itu hanyalah sekelumit kalimat dari goresan bathin untuk menuangkan imajinasiku pada dunia yang semu namun mampu menebarkan sejuta makna.

Senandung dari seberang merupakan kiasan untuk menggambarkan bahwa dalam kehidupan yang fana ini, manusia hidup membutuhkan secuil cinta yang kemudian teruntai menjadi hamparan pesona kasih sayang dan kepuasan. Manusia selalu ingin mencari dan mendapatkan dari apa yang pada dirinya tidak ia dapatkan.

Manusia selalu mengais, mengorek bahkan mencabik-cabik setiap jengkal langkah dalam lembaran waktu yang dilalui hanya untuk kepuasan napsunya. Meskipun langkah dan hasrat berseberangan dengan keyakinan...... meskipun hati menjerit namun napsu mengacuhkannya, tidak ada rasa puas dari apa yang direguknya.

Hanyalah untaian senandung kasih-Nya lah yang mampu membuat hati tergores insyaf.... yah..hanya senandung dari seberang batinnya yang mampu membuat mereka bersujud... ....mencoba-coba hitung setiap butiran dosa ....lalu memohon ampunan.

" Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih.....ampuni segala apa yang telah kami perbuat...dan dari apa yang sekiranya kami menjadi laknat.........Amien "





11 Desember 2007

Effek Plastic pada CorelDraw X3 (Tutorial )


Pada hari Senin tgl. 10 Desember 2007, si empunya bidikCOM mendapat perintah untuk mendesain poster yang berthemakan MIRAS dalam rangka pembinaan satuan. Sehingga pada bidikan kali ini hasil dan cara membuatnya disajikan kepada sobat blogger. Berikut adalah poster tentang pentingnya menjauhkan diri dari minuman keras (MIRAS ).


Sobat blogger mau belajar bersama dengan bidikCOM ?
Untuk menyingkat waktu mari kita sama-sama belajar bagaimana langkah demi langkah membuat poster di atas :

1. Buka program corelDRAW X3, pada menu bar >Layout>Page Setup>Jendela Option>page size>Paper = Custom > width = 400 px > Height = 500 px > OK.

2. Kita buat bidang tidak beraturan dengan menggunakan Polyline Tool.
( lihat gambar dibawah ini )


3. Kemudian gunakan Shape Tool (F10) untuk membentuk bidang tidak beraturan tadi, tambahkan beberapa titik point guna mempermudah kita untuk membentuk bidang tersebut sesuai keinginan kita. ( Lihat gambara berikut )


4. Pada menubar klik Window > Color Palettes > Default CMYK Palette > pilih Black, dan hasilnya seperti gambar dibawah ini :


5. Kemudian kopi gambar tersebut, tanpa menggeser copian gambar berikan warna merah. Langkah selanjutnya pada Toolbar klik > Interactive Transparency Tool. Buat alur transparan seperti gambar berikut :


6. Buatlah bidang tak beraturan dengan "Polyline Tool" untuk membentuk silued dahi, mata dan hidung. Pergunakan "Shape Tool " (F10) untuk memperhalus settingannya. Catatan : Apabila sobat ingin membentuk garis lurus menjadi lengkung demikian sebaliknya, klik garis putus-putus yang akan dibentuk, kemudian klik "Convert line to curve" .
Lihat hasilnya setelah diedit seperti gambar berikut :


7. Buat bidang-bidang tak beraturan lagi dengan langkah seperti langkah sebelumnya.


8. Kemudian buat sebuah botol dengan langkah yang sama, setelah terbentuk group semua gambar yang sudah dibuat.


9. Pada menubar > File > Export ( Ctrl + E ) > Save In > File Name = Miras >Save as type = JPG-JPG Bitmaps > Klik Export > Convert to Bitmap > Width = 313 px > Height = 437 px > Resolution = 300 dpi > OK ------ JPEG Export ----- > OK

10. Buka Corel Photopoint X3, pada menubar klik File >New > Color Made = 24 bit RGB > centang no background > Size = Custom > Width = 500 px > Height = 600 px > Resolution = 72 dpi > OK.

11. Klik File > Import > ambil gambar Miras > klik pada bidang kanvas.

12. Hapus background warna putih dengan "Eraser Tool", gunakan juga "Magnetik Mask Tool" untuk menghapus bagian-bagian yang sulit. Berikut gambar setelah background warna putih sudah terhapus.


13. Klik > Effects > Plastic > pada jendela Palstic > atur Highlight = 96 ; Depth = 99 ; Smoothness = 38 > Light Direction = 336 > Light color = white. Crop gambar dan save dalam format JPEG. Hasilnya dapat sobat lihat dibawah ini.


14. Kita kembali ke corelDRAW X3 > File > Import > ambil gambar yang barusan kita simpan tadi. Berikan background warna biru. ( Lihat gambar dibawah )


15. Kita buat tulisan MIRAS dengan jenis Font "Bauhaus 93". Kita akan memberikan effect pada tulisan tersebut. Pastikan MIRAS terseleksi, pada Menubar klik > Bitmaps > Convert to Bitmap ------ muncul jendela Bitmap --- pada Resolution isi 300 dpi > Color Mode = RGB color ( 24 bit ) > Centang ApplyICC Profile, pada option centang Anti-Aliasing dan Transparent Background > OK

16. Kemudian klik Bitmap > Distort > Web Paint, atur Wetness = 48 ; Percent = 100 > OK.

17. Sekarang kita akan membuat tulisan dengan modif melengkung. Pada Toolbar klik > 3Point Curve Tool > kemudian dengan klik dan menekan mouse pada satu titik di bidang kanvas geser ke titik lain sesuai dengan keinginan kita, lepas mouse atur kelengkungan dengan menggeser mouse setelah sesuai kemudian klik. Buat lengkungan berikutnya dengan proses yang sama. Perlu diketahui untuk titik point terakhir harus menyatu dengan titik point awal dimana kita akan membentuk garis lengkung berikutnya. Garis lengkung ini merupakan gari bantu. Kemudian klik Text Tool, tempelkan cursor pada garis lengkung yang telah kita buat tadi lalu ketik tulisan " Jauhkan Diri Kita Darinya ". Gambar dibawah menunjukkan proses membuat garis bantu melengkung.



18. Untuk menghilangkan garis bantu tersebut Klik Shape Tool > Klik garis bantu > tekan Del.

19. Atur posisi tulisan sedemikian rupa sesuai selera kita masing-masing. Lihat hasilnya berikut :



20. Group seluruh gambar yang ada dan save sesuai format yang kita butuhkan.

Demikian cara membuat poster MIRAS tersebut, semoga bermanfaat bagi sobat yang masih belajar mendalami corelDRAW X3. Mari bersama-sama kita kembangkan wawasan untuk mencerdaskan bangsa. Hidup Blogger Indonesia.


08 Desember 2007

Penjelajahan Akhir Pekan M1-12 bidikCOM


Hari berlalu begitu cepat, tak terasa sudah waktunya bidikCOM menuangkan hasil petualangan blogger selama seminggu.....dari sekian banyak rumah sobat yang aku kunjungi sudah banyak pula yang masuk karung bidikCOM tentang artikel mana yang bikin si "empunya " bidikCOM merasa terharu, terkesan bahkan membuat cekikikan.....he...he..he.... (gitu).

Oke sobat berikut....saya tuangkan isi "karung" bidikCOM dalam postingan kali ini, tapi ingat....jangan marah, jangan tersinggung atau jangan sebel kalau ada yang dicuri secara paksa.....he..he..

1. Di http://www.sahabatwanita.blogspot.com mbak Avy yang kerja keras untuk memposting hasil bidikan kameranya serta cuap-cuap ama obyeknya, bahkan langsung dua postingan sekaligus....he...he..... itu..tuh... wajahnya nampang di goresan bidikCOM. Ingat....udah ijin, ndak boleh "sebel ". Padahal menurut tole-ku sebel itu....senang betul....hii..hiiiiiii...haaaaaa. Khusus mbak Avy....kupersembahkan mawar merah buat...............mu.

2. " Sudah hampir seminggu ini, aku sebel tiap kali buka blogku, mawar kesayangan yang kujadikan header, tidak pernah bisa kulihat lagi, hanya secuil tangkainya saja yang kelihatan. Kupikir, mungkin server di kantor lagi lemot." he...he..... mbak Ani yang kebingungan soal si Mawar merah......ye....ternyata kecuri ama si "empunya bidikCOM". Ngak usah kuatir mbak Ani, itu si Mawar merah udah ada yang jaga........siapa yang jaga ???? Lihat aja itu Sobat dalam Goresanku. http://anied.blogspot.com

3. "Banyak rasa terima kasih sahabat blogger .......... Terus terang rasanya saya belum pantas mendapatkan pujian, semua yang saya lakukan tidak lepas dari keiklasan saya semata untuk membantu mengatasi beberapa masalah dalam dunia bloggin." Ini panutan kita, sebaiknya sobat lainnya ikuti beliaunya.....mau tahu tentang lainnya baca disini ( http://www.o-om.com )

4. Si jaloe yg pensil 2b kesayangannya hilang sehingga tidak bisa ngonsep gambar "osop", ........tapi sobat diarahkan untuk mendapatkan widget yang bermanfaat... "Team laboratorium Blogger terus memperbaharui comment systemnya yang banyak di kritik ini. salah satunya penambahan Open ID pada comment systemnya, sebagai pintu komunikasi dengan platform blog id yang lain seperi Wordpress, live Journal dll." http://www.jaloee.blogspot.com

5. Mang Henson bilang..." Untuk mencegah masuknya virus/worm ke komputer secara otomatis, sebaiknya fasilitas autorun kita nonaktifkan " Emang betul...mang. Kalau sobat mau tahu banyak tentang cara non-aktifkan autorun...baca disini...http://henson1609.blogspot.com

6. Sobat kita yang satu ini mengajak kita untuk selalu ingat Allah SWT, coba simak berikut Quran & Hadist hari ini : Katakanlah:" Cukuplah Allah menjadi saksi antaraku dan antaramu. Dia mengetahui apa yang di langit dan di bumi. Dan orang-orang yang percaya kepada yang batil dan ingkar kepada Allah, mereka itulah orang-orang yang merugi."
(QS. AL ANKABUT:52) mau lihat yang lainnya.....mampir saja di http://nedy-nedy.blogspot.com

7. "Salah satu cara yang menarik dan menyenangkan dalam belajar bahasa Inggris adalah melalui permainan (games)"
Si empunya bidikCOM mau belajar bahasa Inggris sambil bermain disini...... http://free-english-lesson.blogspot.com
Biar ndak colon....siapa tahu diajak mbak Avy meliput ketek ogleng di Amrik...he..he...

8. Itu si Joelae alias Jujuk S bikin kartun bikin aku kesedak durian.... coba lihat kartun Ayah sedang apa...? e...malah anak-e dewek yang kebuntel karung...ha...ha.....
Kartun yang lainnya ada di http://kartununited.blogspot.com

9. Untuk tukang ngrokok kayak saya..... ini penting ( we..leeeh ) "Yeah, kita nggak tahu kalo pas ada asap rokok masuk sebenernya sel-sel tubuh kita teriak-teriak karena daur hidupnya terganggu." Dampak asap rokok ternyata ngeri, sobat.... coba lihat di kamar nya mbak Inda Ardani ...... http://trimmerinda.blogspot.com
Makanya sobat...yang tukang ngrokok...segera berhenti..... kalau ada "234" kasihkan aja sama empunya bidikCOM..........weleh....cik enak-e.

Yoi.... saya rasa untuk sementara itu dulu yang berhasil aku intip, bagi sobat aku yang belum terbidik...ntar.... si " GONDORUWO " nya bidikCOM lagi saya kasih tugas untuk ketuk-ketuk pintu.

Oke sobat.....met week end.... salam buat keluarga......harapan saya dan tentunya kita semua semoga ke depan dalam melaksanakan aktivitas selalu dalam tuntunan-NYA.....amien.


06 Desember 2007

Effect obyek dengan COREL P.POINT X3


Sudah beberapa hari ini, si empunya bidikCOM lagi banyak gawean sehingga tidak sempat lagi ngebidik Inspirasi yang bisa bikin "mut" otak-e. Emang sih, kerjaannya di depan si COM, jadi hanya bisa nyempatkan "patroli bloger barangkali pintunya tidak dikunci ".

Bidikan kali ini, bidikCOM ingin mengajak sobat-sobat untuk belajar bersama ...... coro jawa-ne "Ngoncek-i" gimana caranya memberikan effect 3 Dimensi pada suatu obyek dengan menggunakan Corel Photopoint X3, yang merupakan saudara ipar dari CorelDraw X3. Kurang lebih hasilnya seperti ini




Oke.... Sobat mari kita mulai, keburu hujan nanti.

1. Kita buka program Corel Photopoint X3.
2. Klik " Opens an Image From Disk (Ctrl+O) untuk mengambil file image yang akan kita jadikan obyek.



3. Pada Menubar klik Window >Dockers > Object, untuk menampilkan jendela docker.

4. Kemudian langkah berikutnya, kita akan memberikan effek page curl dengan langkah sebagai berikut : pada menubar Klik >Effect >3D effect >Page Curl




5. Akan muncul jendela Page Curl, kemudian atur sesuai gambar dibawah ini



Kombinasi setting tergantung selera sobat, kalau sudah merasa puas silahkan diklik "OK" dan akan tampak perubahan gambar sebagai berikut :



6. Kemudian kita akan memberikan effek pada bagian obyek yang terkelupas dengan effek Brick Wall.

7. Klik "Magic Wand Mask Tool (W)" kemudian arahkan pointer mouse di bidang obyek yang terkelupas. Sobat nantinya akan menjumpai perubahan gambar sebagai berikut :
Icon dalam lingkaran merah adalah menunjukkan tempat daerah subyek yang di klik.


8. Pada menubar kita klik Effect> Texture > Brik Wall, kemudian atur seperti pada gambar dibawah ini atau menurut selera para sobat......



9. Setelah klik OK, kemudian klik sembarang tempat pada bidang kanvas guna menghilangkan pengaruh dari "Magic Wand Mask Tool". Dan..... hasilnya sobat lihat sendiri




Oke, sobat makalah yang kita oncek-i udah selesai, silahkan sobat praktekkan dengan image lain, dan tentunya kombinasi setting disesuaikan dengan settingan "mut" imajinasi anda.
Thanks .... salam blogger.... hidup blogger Indonesia.....jangan bosan ketuk-ketuk pintu...blog ini.


03 Desember 2007

Animasi Adobe Photoshop CS3 Extended


Saat susah cari yang namanya itu "Inspirasi", saya coba ketok-ketok pintu blogger sobat. Mulai dari yang puisi, ajak-ajak cari dollar hingga sampai kulak-an sendal jepit...(he...he... jangan tersinggung, nanti cepet tua ). Eh.. ketika ketuk pintu di rumahnya mbak Tia "ANGIN BERBISIK " saya jumpai gambar mata pada postingan hari Rabu,21 Nopember 2007 yang sepintas mirip mata punya-e mbok ndewor.....(we..e..leh itu ibunya Tole ). Gambarnya seperti ini.....



Gb. Asli mata.....lho ini.

Akhirnya saya buntel dan masukkan karung gambar tersebut ( udah ijin, lho mbak Tia..), lalu kuotak atik gambar itu dan jadinya seperti ini :



Saya yakin banyak sobat blogger sudah tahu cara otak-atik Adobe photoshop. Disini saya menggunakan Adobe Photoshop CS3 Extended yang ndak ribet seperti varian sebelumnya. Bagi sobat yang belum tahu cara buatnya, saya ndak pelit.... kok. Ikuti aja langkah-langkah berikut ini.... tapi ingat, jangan nyibir dulu....maklum ilmu karbitan "dewek".

1. Buka program Adobe, klik File>Open - cari dimana gambar mata kita simpan.

2. Setelah gambar muncul akan berbentuk layer dengan nama background, pada menu bar klik Windows > layer (F7) kemudian muncul jendela layer. Rubah nama "background" dengan klik 2x pada tulisan background sehingga muncul jendela "new layer" > name is : ( ketik mata1)>Ok.

3. Pointer pada posisi layer "mata1", Klik kanan pada mouse>klik duplicate layer> pada As : ketik "mata2" > Ok.

4. Selanjutnya kita akan otak-atik "Layer Mata2", tapi sebelumnya klik gbr mata kecil (Indicates layer visibility ) pada kotak kecil di "Layer Mata1", dengan tujuan untuk menyembunyikan layer tersebut. Lihat gambar dibawah ini ( lingkaran merah menunjukkan Indikasi layer sudah diklik )



5. Klik "Layer Mata2", kemudian pada Toolbar klik Lasso Tool (L), langkah selanjutnya seleksi bola mata sebelah kiri. Pada posisi bola mata terseleksi, klik "Move Tool" pada Toolbar dan geser bidang yang terseleksi tersebut ke arah tengah bagian mata. Kita dapatkan ada lubang bekas daripada bola mata yang sudah digeser. Gunakan "CloneStamp Tool" kemudian tekan "Alt" ( pada keyboard ) bersamaan itu pula arahkan pointer mouse pada warna yang menurut kita sesuai dengan sektor lubang tersebut. Lepas "Alt" , arahkan pointer mouse ke bagian yang akan ditutup, kemudian dengan klik kiri mouse lakukan secara teliti....sabar....telaten.....opo meneh,yo.......pengeditan warna hingga lubang tertutup.

6. Untuk merapikan bagian bola mata maupun bidang yang terpotong, gunakan "Smudge Tool (R) " Lihat hasilnya seperti gambar dibawah ini :



7. Pada mata sebelah kanan, kita hilangkan bola mata dengan cara klik "Lasso Tool" , seleksi bola mata kemudian tekan "Del". Copi bola mata kiri yang sudah diedit dengan cara Klik "Elliptical Marquee Tool" lalu seleksi bola mata tersebut > Arahkan pointer mouse di tengah bidang yang terseleksi > klik kanan mouse > klik layer via copy > Move Tool > kemudian geser copian bola mata tadi ke arah bidang mata kanan. Gunakan langkah-langkah yang ada pada No.5 dan No. 6 untuk proses pengeditan. Setelah selesai, tekan "Shift " pada keyboard kemudian seleksi "layer 1" dan "layer mata 2" lalu tekan Ctrl E untuk proses Merge Layer.
Lihat gambar dibawah ini :



8. Aktifkan "Indicates Layer Visibility " atau gambar mata pada layer mata1.

9. Untuk membuat animasi, klik pada "Window" pada menu bar, klik "Animation" akan muncul jendela animasi. Klik "Duplicates Selected Frames " untuk membuat frame 2.
Lihat gambar dibawah ini : ( Lingkaran merah "Duplicates Selected Frames " berada ).




10. Kembali ke Frame 1, pada layer mata2, klik "Indicates Layer Visibility " untuk menyembunyikan layer tersebut.




11. Kembali ke Frame 2, pada layer mata 2, aktifkan "Indicates Layer Visibility "



12. Klik "Tweens Animation Frame "




13. Kemudian muncul jendela Tween, atur sesuai gambar berikut :





14. Setelah kita klik OK, akan muncul beberapa frame seperti gambar berikut :



15. Pada Frame 7, klik "Selects Frame Delay Time " ( kotak merah pada gambar diatas ). Kemudian format delay pada 2.0 seperti gambar dibawah ini :





16. Untuk mengetahui hasilnya, coba klik tombol play...dan nikmati lirikkan matanya.





17. Simpan File> Save For Web & Devices.... > GIF >Save as type > Image only.

Saya rasa demikian cara mengotak-atik si mata jelita, mudah-mudahan lirikan mata ini membuat sobat blogger khususnya yang baru belajar "kayak " saya bisa mendapatkan tambahan buntelan ilmu. Sehingga nantinya ke depan makin semarak lembaran postingan bloggernya........ buntut..buntut-te ndak ngekor terus ama pini sepuh blogger...gitu.

Khusus mbak Tia di rumah "Angin Berbisik" .... trims oleh-olehnya..... saya do'ain dapat pahala sing GEDE ..... kalau mau dibuntel hasil lirikan-nya...sumonggo.

01 Desember 2007

Penjelajahan Blogger di akhir Pekan


Akhir pekan kali ini sungguh membuat pikiranku penat, bagaimana tidak. Lagi enak nglembur "Ngedengkur " tiba-tiba si imut "Motorola" menjerit minta diangkat, saya lirik si bek-ker udah 6 nongol 30. Setelah diangkat ....we..eeeeee dia berkata " Din...udah bangun...saya tunggu di kantor "....biasa, itu pak- DAN yang punya Brigade udah nungguin guwe untuk utak-atik keyboard yang udah aye "BaLemDabru" alias baru dilempar dapat yang baru...he..he.. ( nggak usah ditiru ... hanya celoteh nggedabrus). Maklum mau latihan perang-perang di Kalimantan, udah jatah saya bikin Rencana latihan plus presentasenya buat si bos besar. Tapi..ndak pa-pa, ndapet nasi pecel n "234". Yah...sekalian melalang buana ketok-ketok pintu ala blogger. Oh, ya... sobat-sobat mau tahu apa yang saya dapat dari melalang buana....coba simak yang satu ini.......

1. Mang Oom pesan :........" Sebaiknya jangan gunakan gambar yang besar karena akan memperlambat loading page. Lambat beberapa detik saja pengunjung bakal pindah ke alamat blog lain. " .....dan harapan beliau adalah ..."dan semoga pemerintah china tidak memblokir newsgator, dan pengguna internet di china akan lebih sering menggunakan web browser dan webproxy alternatif seperti Tor." lihat disini ....... http://www.o-om.com

2 . "Ada beberapa orang yang minta template yang aku pake di beberapa blogku di blogspot, sebenarnya cuman update dari template Nyoba 780"...
eh... itu bukan minta ke aku, bro.... tapi lihat disini ....
http://www.isnaini.com/2007/11/30/3-column-blogger-template-bloggerized-adsense/

3. " Buku ini dilepas tanggal 21 November 2007 rabu kemarin...." ada yang berminat buku "mendulang dollar lewat blog " cari infonya disini : http://edittag.blogspot.com
Sorri om, masih sibuk latihan perang-perangan...Insya Allah ntar kalau ada waktu luang gw pasti cari bukunya.

4. Pria itu menurut survey yang diposting oleh mbak ani ..... "bahwa pria dua kali lebih banyak mengungkapkan alasan kesepian sebagai alasan untuk menikah dibanding wanita."
Terus ada lagi nih....."Kalau engkau tak sanggup menjadi belukar, jadilah saja rumput,Tetapi rumput yang memperkuat tanggul, pinggiran jalan .......... " eh... .itu lho mbak...kalau boleh usul " tanggul lumpur Lapindo aja" biar kuat dan warga Sidoarjo ndak cemas
Anda merupakan type Pria model apa ....lihat di http://anied.blogspot.com

5. Ada penawaran buat yang mau update Clixsensenya, silahkan ketok pintu
http://gogocafe.blogspot.com/2007/11/clixsense-terbukti-membayar.html

6. Mau download lagu Queen “Say It's Not True” gratis? Silahkan berkunjung ke website berikut:
ada penawaran gratis di ..... http://padamu.blogspot.com

7. Si " Ipull " yang sebel dengan SPAM " Sosis Pengur Ala Mang bidik " "...akhirnya aku menggunakan cara dengan mengidentifikasi newsletter sebagai not spam, selanjutnya begitu spam semacam ini datang lagi, aku akan select all dan delete all spam... dan lumayan, tidak begitu buruk untuk sebuah ide bodoh...
isinya hampir semuanya tentang itu... dan hal inilah yang membuatku sebel dan capk deh..."
Lihat keluhannya di .......http://www.ipull2010.co.cc

8. Ada yang kecewa nih... mbak avy ..."Rasanya dramatis banget ya judul yang aku pake kali ini...he he he. Tapi cukup mewakili perasaanku saat itu. Gimana enggak, janji tinggal janji. Orang yang aku tunggu tunggu, yang aku impi-impikan ... ternyata memang...."
Terungkap rasa kecewanya di .....http://sahabatwanita.blogspot.com

9. Ada yang mau bergabung dengan acara "Pemerintahan BBM " nih...berikut obrolannya : "Obrolan yang mengasyikkan, diwarnai pisuh-pisuhan segala…hehehe.. Obrolan ini bermula dari kami tentang bebasnya Adenan Lis, kemudian berlanjut dengan lumpur sidoarjo, terus berlanjut ke penanganan lingkungan hidup di bangsa ini."
Si "Empunya " bidikCOM n rekan-rekan cemas juga nih masalah lumpur.... Coba andai lumpur Lapindo merupakan program Pay-Click....wah pasti dapat dollar banyak...he..he....

Obrolan lainnya simak di .....http://tamanhidup.blogspot.com

10. Banyak yang bingung ketika pertama kali ingin membuat website.... yoi, lihat disini
http://info-baru.blogspot.com

11. Om Ruas berbagi berkata : " ...Cara itu praktis, mudah, dan tidak perlu repot-repot membeli buku buku.Instant. Selama ini sekurang-kurangnya ada empat blog tutorial yang selalu menjadi tumpuan saya untuk ‘merias’ blog; IsnainiDotCom , Kolom Tutorial ,Edittag, Oom Log. Sebulan terakhir, saya agak rajin klik Beautifulbeta-nya Hans".
Yoi.... Om Ruas Berbagi ketinggalan sepur.... si empunya "bidikCOM" udah ngeprint tutorial dari beliaunya dan udah jadi referensi di almari bidikCOM.

Lihat kekaguman beliau di http://asa-nya.blogspot.com

12. Tentang Yuwie....si gadis montok.. ( program pertemanan ) ...he..he lihat nih disini :
http://cafenet69.co.nr
Saya belum ikutan...om.... kapan-kapan saja

13. Empat puluh guru Banjarbaru mulai lihai mengutak-atik blog. Mau tahu goresan Bapak Haji .......... http://www.webersis.com

14. Belajar mengenal Tuhan ..." Bukankah semua ciptaan Allah tidak ada yang tidak bermanfaat? Semua pasti ada manfaatnya. Disinilah Allah menunjukkan Kebesaran dan Kasih SayangNya." ...ada di http://www.pati.cjb.net

15. Ada yang mau lihat gaya eagle terbang....lihat di "prelude du fornication " miliknya ....... http://redeagle21.blogspot.com

16. " Dengan puisi aku mengenang ... Keabadian Yang Akan Datang.....Dengan puisi aku menangis." .....http://iniblogsaia.blogspot.com

17. "....yang tak terlihat justru selalu menjadi alasanku yang terbesar tuk melakukan sesuatu..dia menjadi support terbesarku..disaatku merasa berat, bintangku yang menjadi pendorongku hingga aku dapat meraihnya...." http://adhelina.com

18. " Aku mencintaimu...tapi bodoh rasanya kalau aku harus mengorbankan kebahagiaanku, Tapi sekarang...aku masih memiliki sebongkah besar kesabaran untuk menjalaninya lagi...Dan tentu saja, aku hanya mengikuti TakdirNya, yang ternyata Dia telah mendekatkan kembali engkau kepadaku..."
Itu adalah sepenggal bisikan dari......http://angin-berbisik.blogspot.com/2007/11/curhatoz.html

19. "Peperangan melawan penyakit ini, diperlukan persenjataan yang......." bagi yang punya penyakit tumor baca disini.....http://kanker2007.blogspot.com miliknya mbak Rini Y Kandara.

20. " Kembali ke.....promosi.. apa itu www.ResepBisnis.com ?. Resep bisnis.com adalah satu situs yang menjual berbagai e-book dan software. produk utama dari dagangannya adalah e-book mengenai cara-cara pembuatan Website di internet."
Ayo ikutan mas rohman di ......
http://kolom-tutorial.blogspot.com/2007/07/

Ya..... lumayan dari hasil melalang buana di dunia maya, sambil bawa karung kalau ada yang bagus dan bisa untuk membuat inspirasi dibuntel aja. Oke, sobat udah malam nih, ngantuk. Kali ini si Imut "Motorola" njerit lagi..... dan dia minta aku segera pulang, katanya si kecil udah minta dibikinkan susu....biar bobok.
Oh...ya lupa.... bisa bikin komentar...khan.... bikin dong.... yang penting kritik membangun.
( emang.... si empunya " bidikCOM" kurang aa...jaaarrrrr!!!!!!... he..he mumpung belum ada yang ngumpat dalam hati..... )
 
Foto saya
Ketidaktahuan anda adalah kepedulianku untuk selalu memberikan informasi, meski hanya sekedar hilangkan rasa ingin tahu saja.