29 Juni 2011

Windows 7 - Unable to install windows 7

Ini pengalaman saya saat install ulang windows 7 ultimate pada pc dengan beberapa hardisk terpasang pada pc tersebut. Ada tiga hardisk dengan ukuran yang berbeda, salah satu darinya aku fungsikan sebagai system.  Dengan menggunakan flashdisk 4 gb dan Windows 7 USB DVD Tools saya membuat  bootable dari windows 7, mengingat dvd room yang ada rusak dan saya malas membongkar DVD room yang terpasang di PC lain. 

Proses install berjalan dengan normal, bahkan tiga hardisk yang terpasang terdeteksi oleh windows 7. Hardisk yang akan aku jadikan sebagai sytempun aku format.   Namun, saat proses install selanjuntya muncul pesan seperti ini :  "Setup was unable to create a new system partition or locate an existing system partition",  saya jadi penasaran mengingat kapasitas hardisk 40 gb yang aku siapkan tidak berfungsi. Pada awalnya saya curiga ada kesalahan dalam membuat bootable flashdisk, sehingga aku ulang prosesnya. Namun setelah  proses install windows 7 ultimate yang kedua, pesan tersebut masih muncul juga.  Aku coba browsing  namun hasilnya tidak memuaskan.  Akhirnya aku coba dengan melepas semua hardisk yang ada, hanya satu hardisk yang tersisa dimana hardisk ini akan saya install windows 7.

Proses install windows 7 ultimate aku ulang dari awal, dan hasilnya... alhamdulillah, proses install windows 7 ultimate berjalan lancar, pesan "Setup was unable to create a new system partition or locate an existing system partition" tidak muncul lagi.  Jadi, kesimpulannya jika kita ingin menginstall ulang windows pada PC yang terpasang beberapa hardisk, sebaikknya lepas dulu semua hardisk kecuali hardisk yang akan diinstall windows.
 
Foto saya
Ketidaktahuan anda adalah kepedulianku untuk selalu memberikan informasi, meski hanya sekedar hilangkan rasa ingin tahu saja.