16 Januari 2011

Install Windows 7 di Smart Netbook HAIER Olive X107B

Beberapa hari yang lalu saya dimintai tolong oleh teman untuk memperbaiki   Smart Netbook HAIER Olive X107B miliknya yang error pada system windowsnya.  Saya sempat ragu juga nich masalahnya karena terbatasnya sarana yang ada diantaranya adalah tidak adanya CD/DVD room untuk install software dan driver dari netbook itu sendiri.  Satu-satunya jalan adalah saya harus membuat bootable USB flash drive untuk menginstall ulang windowsnya, mengingat saya sendiri tidak mempunyai DVD room eksternal.

Langkah awal adalah saya cek spesifikasi dari  Smart Netbook HAIER Olive X107B itu sendiri. Kemudian saya browsing di internet tentang keluhan-keluhan para konsumen yang sebagian besar mengeluhkan tentang sulitnya mencari driver dari Smart Netbook HAIER Olive X107B, mengingat dari pihak produsennya tidak menyertakan driver  saat pembelian, meskipun sebenarnya langkah recovery dapat dilakukan oleh pengguna.

Dari hasil browsing saya dapat mengambil kesimpulan jika diformat ulang dengan menggunakan Windows XP, jelas saya harus berburu driver dan itu membutuhkan waktu yang lama dan belum tentu maksimal, akhirnya saya putuskan untuk format ulang menggunakan windows 7 ultimate 32 bit.  Dengan menggunakan Windows 7 Iso to USB/DVD  Tool dan flashdisk 4 Gb,  saya membuat Bootable Windows 7 tersebut.
Sebelumnya saya backup data yang ada, dan satu langkah penting yang harus dilakukan adalah mencari driver dari modem Smart yang tertanam di dalam netbook ini. Driver yang bersifat Portable ini saya temukan di Program file dengan nama foldernya adalah CE100 Dialer.  Jadi  folder CE100 DIALER segera saya pindahkan, sedangkan untuk yang lainnya tidak terlalu dipikirkan mengingat Windows 7 mampu mendeteksi hardware yang tertanam di dalam netbook ini, lagian memang tidak ada salinan driver di dalam hard disk tersebut.

Adapun untuk membuat  Bootable Windows 7 tersebut, langkah yang diambil adalah sebagai berikut :

1.  Download Windows 7 USB/DVD Tool dan install segera.
2.  Setelah terinstall, silahkan buka program tersebut kemudian cari posisi windows 7 ISO tersimpan dengan melalui tombol BROWSE


3.  Pada langkah ini, karena kita akan membuat bootable USB, maka silahkan klik tombol USB device.


4.  Kemudian pilih posisi dimana flash disk yang akan kita gunakan, lalu klik tombol Begin copying


5. Windows 7 Usb/DVD Tool akan memproses prosedur pembuatan bootable USB device beberapa menit.


6. Setelah selesai, Flashdisk siap digunakan untuk memformat ulang Smart Netbook HAIER Olive X107B .

7.  Silahkan buka bios dengan menekan tombol DEL atau langsung tekan F11 untuk menentukan target Flashdisk yang kita siapkan sebagai booting.

8. Proses install akan berjalan lancar jika bootable USB device yang kita buat tidak bermasalah.

9.  Setelah selesai proses install windows, silahkan cek Device Manager disana akan ditemui tiga variable DATAcard yang tidak dideteksi oleh windows 7, silahkan klik kanan kemudian klik update driver  kemudian pilih lokasi dimana folder CE100 DIALER kita simpan pilih folder Driver kemudian masuk pada folder Win32 . Lakukan hal sama pada varible data  yang lainnya sehingga semuanya terinstall.

Dari pengalaman saya, format ulang Smart Netbook HAIER Olive X107B  yang pada awalnya menggunakan Windows XP Home Edition SP3 menjadi Windows 7 Ultimate 32 bit lancar dan semua hardware berfungsi normal, termasuk CDMA 2000 1x EVDO Rev 1900Mhz Modem dan WiFi berjalan seperti semula.

Update posting ini sekedar mengingatkan saya bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik dan sekaligus sebagai masukan bagi para sobat blogger yang sempat bertamu di bidikCOM.

10 komentar:

usb modem mengatakan...

nice info
thanks ya dah share

Anonim mengatakan...

makasih gan infonya,.., moga2 dapat bantu :)

Anonim mengatakan...

gan,, datacard-ku ga bisa jalan,, aku pake metode agan itu..

Anonim mengatakan...

mo nanya bos..
saya pake olive juga, sudah saya install win7, driver modem smart juga sudah jalan.. tapi masalahnya saya gak bisa jalankan smart dialer (buat telepon/sms) setiap aplikasi tersebut dijalankan slalu minta tekan fn+f11...
sampeyan punya driver hotkey nya, tanpa itu fn+f11 gak jalan...
thanks

Anonim mengatakan...

Ada yg punya driver hotkey buat win xp ga?Boleh mnt ga ga?kl blh,tlg kirim email ke yonghan79@gmail.com..Tq ya

Anonim mengatakan...

dimana cari iso file buat windows 7 ultimate nya gan?

bingung mengatakan...

webcamnya bagaimana tuh.. soalnya di haier ane, webcam gak ke detect..

Anonim mengatakan...

permisi gan, haier saya kok gag bisa dibuat nyambung ke lcd projektor yya ?

Anonim mengatakan...

bis install win 7, modem internalnya kok ga jalan ya???

Anonim mengatakan...

gan..kebtulan ni gan..netbook saya juga smart olive...
boleh minta folder ce100 dialernya gak??...soalnya ga jalan ni di netbook saya..n 1 lagi gan...kameranya kog ga bisa dipakai? tp drivernya ada...

Poskan Komentar

 
Foto Saya
Ketidaktahuan anda adalah kepedulianku untuk selalu memberikan informasi, meski hanya sekedar hilangkan rasa ingin tahu saja.