20 Agustus 2009

Community Link Feed pada Blogger

Penasaran dengan tampilan Community Link Feed yang ada di Wordpress membuat saya berpikir gimana cara membuatnya. Untuk blogger, saya menjumpai Community Link Feed di blognya kang Jaloe.

Akhirnya saya mencoba mengintip kode sumber dari blog kang Jaloe, dan mencoba mempelajari proses pembuatan Community Link Feed tersebut.

Community Link Feed ini merupakan perpaduan dari Google Doc, Google Feedburner dan Delicious. Dari Google Doc kita membuat formnya, sedangkan untuk bookmarks kita menggunakan layanan Google Feedburner dan Delicious.

Manfaat dari Community Link Feed sangat banyak, yang jelas kita dapat mengenalkan artikel kita kepada komunitas tersebut. Dua blog saya yang telah saya pasang Community Link Feed adalah Coretan Asal dan Blogger Newspaper, dimana template yang saya gunakan adalah hasil dari modifikasi saya terhadap tampilan Minima Blogger.

Sengaja saya tidak menjelaskan bagaimana cara membuatnya di blog ini, tapi untuk mendapatkan tutorial cara membuat Community Link Feed secara detail, saya telah menulisnya di CORETAN ASAL.

Saya ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada Kang Jaloe yang tidak MURKA karena Community Link Feednya aku sadap dan juga saya hargai atas hati beliau yang LEGOWO dan bahkan memberikan sedikit tanggapan namun sangat berarti sekali, sehingga PR membuat Community Link Feed ini selesai dengan hasil tutorialnya telah aku tulis dan tentunya tujuan saya semuanya demi kemajuan BLOGGER INDONESIA.

Tak lupa, saya mohon maaf mengingat besuk sudah masuk Ramadhan. Selamat menjalankan puasa bagi yang menjalankan.

07 Agustus 2009

Blogger Newspaper Template


Iseng-iseng ngotak-ngatik template, memang mengasyikkan. Dalam minggu ini sudah 1 template yang saya modifikasi dan 2 template sudah saya design dalam bentuk MAGAZINE.

Sebut saja MadTrend Blogger Template, template yang saya design minimalist dengan beberapa kolom feature . Template ini saya gunakan untuk blog saya sendiri, namun bila rekan-rekan blogger berkenan untuk menggunakannya silahkan hubungi saya atau tinggalkan email di kotak komentar.

Bersamaan proses finishing MadTrend Blogger Template yang sekaligus BLOG baru saya yaitu ALAKADARDOTNYA, saya mencoba mendesign template Magazine Style dengan beberapa kolom feature dan tabview. Hasilnya adalah BLOGGER NEWSPAPER Template.

Blogger Newspaper ini saya design dengan beberapa kolom feature yang dapat diisi cuplikan artikel dengan berdasarkan pengelompokan kategori dari artikel itu sendiri. Ide design dari Blogger Newspaper adalah mencontoh beberapa model situs Peretas Online yang saat ini ada dan saya kagumi model designnya. Melihat tampilannya, membuat saya berpikir bagaimana agar saya model situs majalah ini bisa saya terapkan ke dalam blogger. Meski baru 80 % proses finishing, sambil update posting, aku pamirkan hasilnya.... siapa tahu ada yang tertarik dan berminat....he.e...he....


DEMO

04 Agustus 2009

MagTrend Blogger Template

Kalau kemarin saya sudah mencoba memadukan konsep template Hybrid dan Revolution City, kali ini saya memodifikasi minima dengan sistem konsep keduanya.

MagTrend Blogger Template merupakan template satu kolom utama, karena hanya terdiri dari main wraper dan footer. Sengaja saya tidak membuat sidebar, karena memang saya ingin menampilkan kesan MagTrend Blogger Template ini minimalist namun sepertinya butuh ketelitian dalam mengeditnya ( Tenang saja.. ntar dibuat tutorialnya).

Modifikasi minima dengan nama MagTrend Blogger Template ini, masih dalam tahap 75 % diorat-arit dan diobrak-abrik.

Gaya magazine masih nampak disini. Pada MagTrend Blogger Template ini, kita tidak perlu kuatir untuk memasang gadget, misalnya Shoutbox. Saya menerapkan script untuk gadget dengan sistem Hidden dan terletak di sebelah kiri, sehingga terkesan ada sidebar yang tersebunyi. Padahal script tersebut saya tanam di bagian footer. Untuk alasan inilah saya tetap menambahkan beberapa kolom pada footer.

Modifikasi MagTrend Blogger Template ini, merupakan jawaban rasa penasaran saya tentang penerapan file JS, yang biasanya saya upload di tempat hosting gratis. Berhubung sekarang banyak yang tutup, saya mencoba mencari solusi. Dari beberapa konsep yang ada serta mencoba mencuri kode lewat Show Page Source firefox dari template premium yang bertarif, saya mencoba menggali menemukan titik kunci dimana kode JS tersebut terpasang. Saya copas di notepad, lalu saya otak-atik. Alhamdulillah berhasil.

Pada MagTrend Blogger Template, saya menerapkan beberapa file JS, termasuk di dalamnya adalah Query 1.2. pack, readmore auto dsbnya. Semula saya ragu, apakah file JS ini saat loading bertabrakan dengan file JS yang lain. Tapi, setelah saya terapkan... ternyata keraguan itu hilang dengan sendirinya.

Mau tahu demo dari MagTrend Blogger Template, silahkan lihat hasil kerja saya yang nekat dan ngawur karena terus terang saya tidak pernah mengenal pelajaran orat-orit HTML, CSS atau Javascript di bangku SD sampai Militer.

Namun, disini saya ingin mengajak rekan-rekan blogger untuk berpartisipasi dengan cara berikan komentar, masukan saran ...masukan yang lainnya, yang penting jangan caci maki bin dampratan ( masukan dollar juga boleh... utk beli 234 GOLD).

DEMO | Download... tunggu tanggal mainnya, karena saya ingin melihat sejauh mana template MODE H-BLOGGER THEME didownload dan digunakan oleh rekan-rekan blogger.

03 Agustus 2009

Memadukan Hybrid dan Revolution City

Berdasarkan pengalaman dari memberikan tutorial tentang cara install Revolution City dan juga permintaan dari sobatku yang baik hati, baik hati karena memberikan aku model template Revolution City, memberikan aku inspirasi dari hasil permintaannya yaitu Bagaimana agar posting nampak di atas kolom Category pada template Revolution City (pada template ini, posting bersifat hidden), dan membuatku berpikir bagaimana caranya agar aku bisa memenuhi permintaannya dan jangan sampai mengecewakannya.... akhirnya muncul ide menggabungkan teknik pengolahan CSS dan Javascript antara Hybrid News dan Revolution City yang aku sendiri bingung untuk memberi nama model modifikasi ini.

Untuk sementara Model template yang sering dipakai di kalangan Wordpress ini aku beri nama MODE H-BLOGGER THEMES, benar atau ndak pengejaannya terserah yang menilai... yang penting template ini punya panggilan, bila si Harry Seenthings alias Nyegik berteriak memanggilanya..ha..ha..ha..

Mengapa aku memilih Hybrid News dan Revolution City ? Masing-masing punya kelebihan, untuk Hybrid News menerapkan sistem javascript yang langsung tanpa lewat upload hosting ( karena Yahoo!Geocity dll tutup ) sedangkan Revolution City menerapkan tampilan kolom berdasarkan kategori. Untuk kelebihan yang lain, aku malas menyebutnya... capek.

Yang perlu diketahui dari Mode H-Blogger Themes adalah :

- Magazine Style
- Slide Feature [Automatic update for post summary and image thumbnail)
- Model kolom untuk posting berdasarkan Label, penerapan secara manual.
- Penerapan file .JS secara langsung pada template, jadi tidak diperlukan file hosting.
- Ready Adsense
- Dan masih banyak yang lain... termasuk GRATIS buat anda setelah HS bin Nyegik.

Proses masih berjalan, jadi bila anda ingin mendapatkan template ini... berikan dukungan buat saya untuk segera menuntaskannya. Namun yang jelas, template ini spesial buat sobatku Harry Seenthings alias Nyegik karena saya berjanji orang pertama yang akan saya beri template ini adalah saingan Harry Potter ini.

Update: Karena saya sudah kirim template ini ke pemesan, sekarang giliran anda untuk bisa download dan mempelajari cara installnya di bCOMStudio.

Oke... capek basa-basi, silahkan lihat DEMOnya.
 
Foto saya
Ketidaktahuan anda adalah kepedulianku untuk selalu memberikan informasi, meski hanya sekedar hilangkan rasa ingin tahu saja.