30 Oktober 2008

Nyeri Pada Tulang Punggung



Telah kita ketahuai bahwa fungsi Tulang Punggung/ tulang belakang adalah untuk mempertahankan badan supaya tegak posisinya, mengangkat rongga dada, mempertahankan keseimbangan saat tegak, tempat melekatnya otot-otot punggung dan melindungi syaraf.

Penyebab nyeri punggung ada beberapa faktor, yaitu :

  • Genetik, misalnya kelainan tulang punggung bengkok (Scoliosis)
  • Obesitas/ kegemukan
  • Kegiatan fisik yang dipaksakan misalnya mengangkat benda berat, gerakan yang berlebihan
  • Osteoporosis
  • Akibat Patah tulang belakang
  • Psikososial.

Beberapa nara sumber mendata bahwa hampir 80 persen nyeri punggung disebabkan karena otot, sedangkan sisanya disebabkan saraf, tulang belakang, infeksi dan lain-lain.

Pada Lansia akan terjadi berkurangnya massa tulang, serta menurunya kekuatan otot-otot punggung yang bertugas sebagai proteksi tulang akibat benturan serta stabilisasi tulang. Pengeroposan tulang/ osteoporosis bisa menyebabkan tulang belakang menjadi patah, walaupun tanpa adanya benturan ataupun jatuh. Spasme/ kaku otot merupakan proteksi badan untuk melokalisir daerah yang mengalami keradangan. Spasme otot-otot punggung sering diderita pada Lansia, karena adanya perubahan postur membungkuk akibat osteoporosis, hal itu akan memperberat kerja otot-otot punggung yang pada akhirnya otot akan menjadi kaku. Rasa nyeri yang ditimbulkan oleh Spasme terkadang berkurang apabila kita memberikan pijatan pada daerah otot-otot tersebut.

Untuk mengurangi nyeri punggung, perlu penggunaan penyangga punggung (thoracolumbosacral orthesa) dengan tujuan untuk membatasi gerakan tulang punggung serta mengurangi gaya yang melalui tulang belakang secara langsung sehingga mengurangi nyeri. Selain itu perlu pemberian obat untuk mengurangi nyeri.

Untuk mengatasi patah tulang belakang, diperlukan konsultasi spesialis orthopedi pada rumah sakit terdekat. Untuk memastikan keadaan tulang daerah osteoperenia atau osteoporosis perlu dilakukan bone scan tulang belakang.

Pijat refleksi merupakan terapi melalui rangsangan titik-titik akupuntur yang mengakibatkan stimulasi energi melalui jalur-jalur meridian, namun perlu hati-hati dan jangan memberi pijatan pada daerah patah tulang belakang karena akan memperberat penyakit bahkan bisa mengakibatkan lumpuh pada anggota gerak bawah.

27 Oktober 2008

5 C Minima Blogger

Semakin hari nampaknya semakin banyak para maniak blogger yang menghasilkan karya-karya template menarik. Bahkan banyak juga yang menghasilkan tutorial tentang bagaimana mengedit template Minima blogger menjadi sebuah template yang beraneka ragam corak warna dan bentuk template itu sendiri.

Berangkat dari berburu tutorial inilah, saya banyak belajar dari mereka tentang bagaimana memodifikasi template Minima blogger. Apalagi saya termasuk type orang yang hanya dapat merasakan kepuasan apabila template yang saya pakai adalah hasil otak-atik sendiri. Saya yakin, kita akan mendapatkan kepuasan tersendiri apabila experimen yang kita lakukan berhasil dan dapat kita gunakan. Bahkan rasa kepuasan itu akan semakin maksimal apabila hasil experimen itu dapat bermanfaat bagi orang lain.

Dalam minggu ketiga Oktober 2008 ini, sengaja saya fokuskan waktu luang saya untuk belajar memodifikasi template Minima Blogger. Berangkat dari tutorial Kang Rohman dan Kang Jaloee saya mencoba untuk memodifikasi template minima dua kolom menjadi 5 kolom ditambah dengan empat kolom di bagian footernya.

Beberapa widget saya tambahkan agar nampak lebih cantik untuk dipandang dengan harapan agar pengunjung betah untuk menikmati artikel kita. Berikut tampilan elemen halaman dari template "5C Minima Blogger".

gb1 

Demo

Download

24 Oktober 2008

Khasiat SARANG SEMUT


Ini adalah pengalaman saya tentang mengkonsumsi Tanaman Efitit yang umbinya dihuni oleh Semut. Seminggu yang lalu, saya merasakan jari tangan dan kaki terasa kaku. Rasa sesakpun terkadang hinggap di aliran napasku.

Kecapekan kali.... Pikirku. Namun rasa itu terasa lebih parah setelah hari ketiga berikutnya.
Semula aku tidak pedulikan, bahkan aku paksakan untuk mengikuti kegiatan penjemputan Satgas Sorong di Dermaga Ujung
Saat itu saya bertemu dengan Budi yang menawarkan SARANG SEMUT kepadaku. Menurutnya tanaman yang semula saya anggap serpihan atau potongan kayu ini ternyata mempunyai khasiat yang sangat banyak.

Sesampai di rumah, karena ragu atas khasiat dari tanaman yang menurutku aneh itu aku hanya merebus satu potong dalam "kuali" yang berisi 3 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, air berwarna coklat mirip teh itu aku saring dan aku minum 3X sehari. Ternyata pada hari ketiga rasa yang aku keluhkan tidak terasa lagi.

Karena penasaran akan khasiat dari pada SARANG SEMUT, akhirnya aku "googling" dan aku dapatkan beberapa informasi..

Tumbuhan ini nama latinnya adalah Myrmecodia sp, karena lidah orang Indonesia asal ceplos aja maka begitu melihat tanaman berongga yang dibentuk oleh puluhan bahkan mungkin ratusan semut di dalamnya, maka lahirlah si "Sarang Semut".

Sarang Semut telah dipakai oleh masyarakat asli Wamena untuk mengobati keluhan rematik dan asam urat. Sedangkan menurut penelitian para ahli Bioteknologi LIPI, zat utama yang dimiliki Sarang Semut adalah flavonoid, tannin dan polifenol. Zat-zat ini adalah antioksidan kuat beberapa kali lebih kuat dari vitamin C dan E sehingga memberikan efek menurunkan risiko beberapa jenis kanker dan penyakit kardiovaskuler. Bahkan tanaman ini terbukti juga mengobati diare dan menghentikan pendarahan.

Selain itu Sarang Semut bisa menghambat enzim xanthine oxidase yang berkhasiat menurunkan asam urat dan memperbaiki fungsi ginjal. Masih ada zat aktif lain yang belum terungkap.

Berikut adalah keterangan singkat beberapa zat aktif bermanfaat yang terkandung dalam Sarang Semut:

Flavonoid dalam tubuh manusia berfungsi sebagai antioksidan sehingga sangat baik untuk pencegahan kanker. Manfaat flavonoid antara lain adalah untuk melindungi struktur sel, meningkatkan efektivitas vitamin C, antinflamasi, mencegah keropos tulang, dan sebagai antibiotik.

Dalam banyak kasus, flavonoid dapat berperan secara langsung sebagai antibiotik dengan menggangu fungsi dari mikroorganisme seperti bakteri atau virus. Fungsi flavonoid sebagai anti virus telah banyak dipublikasikan, termasuk untuk virus HIV /AIDS dan virus herpes.

Selain itu, flavonoid juga dilaporkan berperan dalam pencegahan dan pengobatan beberapa penyakit lain seperi asma, katarak, diabetes, encok/rematik, migren, wasir, dan perionditis (radang, jaringan ikat penyangga akar gigi).

Penelitian-penelitian mutakhir telah mengungkap fungsi-fungsi lain dari flavonoid, tidak saja untuk pencegahan, tetapi juga untuk pengobatan kanker. Banyak mekanisme kerja dari flavonoid yang sudah terungkap, misalnya inaktivasi karsinogen, antiprofilisasi, penghambatan siklus sel, induksi apaoptosis, diferensiasi, inhibisi angiogenesis, serta pembalikan resistensi multi-obat atau kombinasi dari mekanisme-mekanisme tersebut.

Kemampuan Sarang Semut secara empiris untuk pengobtan berbagai jenis kanker atau tumor, TBC, dan encok/rematik diduga kuat berkaitan dengan kandungan flavonoid Sarang Semut .

Tanin merupakan astrigen yang mengikat dan mengendapkan protein berlebih dalam tubuh. Dalam bidang pengobatan Tanin digunakan untuk mengobati diare, hemostatik (menghentikan pendarahan), dan wasir. Karena itu kemampuan Sarang Semut secara empiris untuk pengobatan, misalnya untuk pengobatan ambeien (wasir) dan mimisan diduga kuat berkaitan dengan kandungan zat ini.

Polifenol adalah asam fenolik dan flavonoid. Polifenol banyak ditemukan dalam buah-buahan, sayuran serta biji-bijian. Rata-rata manusia bisa mengonsumsi polifenol dalam seharinya sampai 23 mg. Khasiat dari polifenol adalah anti mikroba dan menurunkan kadar gula darah. Asam fenolik merupakan kelas dari antioksidan atau senyawa yang menghilangkan radikal bebas. Molekul yang tidak stabil ini adalah produksi dari metabolisme normal yang menyumbat pembuluh darah dan mengakibatkan perubahan pada DNA yang dapat menimbulkan kanker dan penyakit lain.

Tokoferol (vitamin E) sekitar 313 ppm. Ananlisis antioksidan dari estrak kasar tumbuhan Sarang Semut menunjukkan bahwa estrak tersebut memiliki aktivitas antioksidan sedang, yaitu diperoleh nilai IC 50 sebesar 48,6 ppm. Sementara alfa-tokoferol yang merupakan antioksidan kuat dengan nilai IC 50 diperoleh angka sebesar 5,1 ppm. IC50 merupakan konsentrasi dari antioksidan yang dapat meredam atau menghambat 50% radikal bebas. Semakin kecil nilai IC50 dari suatu antioksidan maka semakin kuat antioksidan tersebut.

Alfa-tokoferol pada konsentrasi 12 ppm telah mampu meredam radikal bebas sebanyak 96% dan persentase inhibisi ini tetap konstan untuk konsentrasi-konsentrasi yang lebih tinggi dari 12 ppm. Hasil penelitian ini mempunyai makna bahwa alfa-tokoferol pada konsentrasi rendah pun telah memiliki aktivitas peredam radikal bebas hingga mendekati 100%.

Magnesium memiliki peranan dalam fungsi tulang, hati, otot, transfer air intraseluler, keseimbangan basa, dan aktivitas neuromuseluler. Fungsi-fungsi mineral tersebut dapat menjelaskan beberapa khasiat lain dari Sarang Semut , misalnya, khasiat dalam membantu mengatasi berbagai macam penyakit/gangguan jantung, melancarkan peredaran darah, mengobati migren, gangguan fungsi ginjal dan prostat, memulihkan kesegaran dan stamina tubuh, serta memulihkan gairah seksual.

Kalsium berfungsi dalam kerja jantung, implus saraf, dan pembekuan darah.

Besi berfungsi dalam pembentukan hemoglobin, transporoksigen, aktivor enzim.

Fosfor berfungsi dalam penyerapan kalsium dan produksi energi.

Natrium memilki peranan dalam keseimbangan elektrolit, volume cairan tubuh, dan implus saraf, dan kesimbangan asam-basa.

Seng memiliki fungsi dalam sintesis protein fungsi seksual, penyimpanan insulin, metabolisme karbohidrat, dan penyembuhan luka.

Fungsi-fungsi mineral tersebut dapat menjelaskan beberapa khasiat lain dari Sarang Semut, misalnya khasiatnya dalam membantu mengatasi berbagai macam penyakit/gangguan jantung, melancarkan haid dan mengobati keputihan, melancarkan peredaran darah, mengobati migren (sakit kepala sebelah), gangguan fungsi ginjal dan prostat, memulihkan kesegaran dan stamina tubuh, serta memulihkan gairah seksual.

Hasil analisis penghambatan aktivitas enzim xanthine oxidase oleh ekstrak tumbuhan Sarang Semut menunjukkan bahwa ekstrak tumbuhan ini dapat menghambat aktivitas enzim xanthine oxidase dengan aktivitas yang setara dengan allopurinol, obat komersial yang digunakan untuk pengobatan asam urat. Diduga senyawa inhibitor xanthine oxidase yang bertanggung jawab dalam mekanisme ini adalah senyawa dari golongan flavonoid. Fenomena ini yang kemungkinan dapat memperkuat khasiat tumbuhan Sarang Semut untuk pengobatan rematik yang telah terbukti secara empiris.

Sumber:
- Buku "Gempur Penyakit dengan Sarang Semut" Penulis Dr. Ir. Ahkam Subroto, Hendro Saputro
- www.deherba.com
- Sumber Foto : www.plantamor.com, modifikasi gambar oleh bidikCOM

18 Oktober 2008

Manfaat Daun Seledri

Seledri merupakan sayuran/ tanaman yang oleh banyak masyarakat Tiongkok tradisional sejak lama digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya kandungan Apigenin yang dapat mencegah penyempitan pembuluh darah. Efek tersebut akan menjadi lebih besar berkat adanya komponen Pthalide yang dapat merilekskan pembuluh darah.

Di sisi lain Seledri juga mengandung Fitosterol, yang sangat berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Di samping berfungsi untuk mencegah kanker dan membentuk permeabilitas kulit yang baik. Seledri juga bermanfaat untuk memelihara kebersihan mulut dan kesehatan gigi terutama bagi lanjut usia.

Seledri mentah dapat merangsang produksi air liur sehingga dapat membantu melumpuhkan aktivitas kuman yang dapat mengakibatkan gigi keropos. Seledri, karena kandungan seratnya, juga dapat membersihkan sisa makanan yang terdapat di sela gigi. Lebih dari itu, seledri juga dapat menyegarkan aroma mulut.

Perlu diketahui bahwa Seledri mempunyai komponen gizi yang cukup baik, jumlah vitamin K dan vitamin C termasuk dalam kategori sangat baik. Kandungan Kalium, Folat, Serat, vitamin B6, Mangan -nya berkategori baik. Selain itu Seledri juga cukup mengandung sumber kalsium, vitamin B1, Magnesium, Vitamin A, Triptofan, zat besi dan vitamin B12.

Untuk mendapatkan khasiat yang optimal, perlu dipilih seledri yang warnanya terlihat masih hijau dan berjenis besar serta masih segar. Untuk menyimpannya usahakan bungkus dengan plastik lebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam lemari es.

Untuk mengkonsumsi seledri, ada berbagai cara. Kalau di JUS, cukup dengan 3 - 5 tangkai dan sebaiknya dikombinasi dengan buah untuk mengurangi rasa LANGU, serta diminum 2 kali sehari. Dalam keadaan mentah, Seledri dapat dikonsumsi sebagai lalapan.

Selamat mencoba.


15 Oktober 2008

Setting Up LinkPost for Your Blog

Menyiapkan LinkPost untuk blog Anda:

Berburu tutorial di internet tentang langkah-langkah mengikuti program Linkworth dengan hasil yang maksimal sangat tidak mudah. Banyak memang artikel yang membahas tentang program ini, namun tidak sepenuhnya membahas langkah demi langkah bagaimana memaksimalkan account kita dalam program pendulang dollar ini. Memang dalam berburu tutorial ini tidak boleh ada kata menyerah, tidak boleh ada rasa putus asa, sehingga dengan keyakinan bahwa semua pasti ada di Eyang Google akhirnya aku pasang “Google Alert “ di account Gmailku. Alhasil, setelah menunggu beberapa hari, saat aku membuka Gmail, terdapat dua tutorial tentang Linkworth terkait dengan Linkpost. Yang satu berbahasa Portugis dan yang satunya bahasa Inggris.

Karena rasa ingin tahu, akhirnya aku terjemahkan tutorial tersebut kurang lebihnya begini :

Langkah 1:

Silahkan menuju situs LinkWorth dan login dengan account Anda.

Langkah 2:

Setelah login, Anda akan melihat halaman seperti gambar di bawah ini

Copy of gb1

Langkah 3:

Klik pada tab "My sites" dan anda akan melihat halaman seperti gambar di bawah.

gb2

Langkah 4:

Isi semua rincian blog Anda seperti nama blog Anda, url blog Anda, deskripsi situs, kategori, tag dan sebagainya. Kemudian, pada Offer Linkpost (paid blog reviews) anda perlu memilih:

” Yes, my Site is also a Blog and I want to offer LinkPost. I will set a LinkPost price below.”

gb3

Kemudian, Anda mengisi Homepage blog anda dan harga posting Anda yang ingin ditawarkan kepada pengiklan. Harga minimum adalah $ 5,00, sehingga apabila blog Anda diterima, Anda dapat mendapatkan posting dari $ 5,00 atau lebih.

** Saya sarankan Anda untuk mengatur harga dari $ 5.00 karena ini dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak peluang.

Langkah 5:

Klik "Add New Website" yang ada di akhir Form. Ini akan menambahkan blog Anda dan LinkWorth akan memberitahukan tentang disetujui atau tidaknya blog anda dalam waktu 48 jam.

** Saya yakin, blog Anda akan disetujui karena LinkWorth selalu menyetujui blog dan jarang menolak.

Langkah 6:

Setelah blog Anda disetujui, login pada account LinkWorth anda, dan anda akan melihat beberapa peluang tugas menunggu untuk diselesaikan.

Peluang akan ditampilkan seperti gambar di bawah bila Anda login account LinkWorth Anda setelah blog Anda disetujui.

gb1

Langkah 7:

Klik pada link untuk melihat peluang tugas yang tersedia untuk Anda. Terima peluang tugas dan kemudian ikuti petunjuk dalam kesempatan peluang tugas tersebut. Setiap peluang tugas memiliki persyaratan yang berbeda tergantung pada permintaan dari pengiklan.

Terakhir, blog Anda mungkin tidak memenuhi syarat untuk semua kesempatan. Jadi, metode untuk mendapatkan banyak kesempatan, tambahkan sebanyak mungkin blog / website pada account LinkWorth Anda. Saya yakin semua situs yang ditambahkan akan disetujui dan akhirnya, Anda dapat membuat banyak peluang dari LinkWorth.

Kira-kira begitu tutorial yang sudah masuk dalam referensi saya dan terus terang sampai dengan saat ini belum ada kesempatan peluang tugas yang saya terima. Apa kemungkinan blog berbahasa Indonesia sangat minim dalam mendapatkan peluang tugas tersebut ?

Mohon pencerahan dari rekan-rekan yang memiliki pengalaman dalam mengikuti program ini, syukur kalau bisa memposting artikel dalam blog anda, sehingga rekan-rekan termasuk saya bisa mengunjungi blog anda.

14 Oktober 2008

Atasi kejenuhan anda……

Apakah seharian ini anda mengerjakan sesuatu tanpa berhenti, atau anda mengeluarkan banyak tenaga dan pikiran sehingga merasa lelah? Apakah semua kegiatan itu membuat anda jenuh atau malas.  Sudahkah pekerjaan itu anda lakukan dengan benar, sehingga anda tidak membuang waktu dengan percuma ?

Berikut adalah tip untuk mengatasi kejenuhan di saat anda bekerja.

1.   Berusahalah untuk memahami suatu pekerjaan yang dihadapi dengan cermat dan sabar, sebelum anda mengerjakan.
2.   Mintalah pendapat dengan orang dekat anda atau yang menguasai hal-hal yang terkait dengan pekerjaan anda.
3.   Sisipkan waktu untuk istirahat dengan melihat-lihat situasi di luar ruang kerja anda.
4.   Aturlah gerak tubuh anda dengan senam peregangan di saat tubuh anda merasa pegal.
5.   Tanamkan pada diri anda, bahwa pekerjaan itu adalah kegiatan ibadah kepada Tuhan.

Semoga tip singkat ini dapat membantu

11 Oktober 2008

Renungan Akhir Pekan

Hidup tidak akan bermakna, apabila kita tidak pernah mengisinya dengan kegiatan yang positif, dengan maksud kegiatan itu dapat bermanfaat bagi lingkungan dimana kita berada.

Segala macam aktifitas dalam kehidupan, perlu dilandasi dengan keimanan yang kuat sehingga mampu menciptakan rasa tanggung jawab, disiplin, dedikasi, kepedulian dan yang pada akhirnya diharapkan akan terwujud lingkungan kehidupan yang aman, tentram dan sejahtera.

Rasa kepedulian perlu dimiliki oleh setiap manusia, sebab dengan kepedulian tersebut akan terwujud suatu suasana yang harmonis.

Coba kita tengok tentang cerita kemiskinan yang hampir tiap hari menjerit dan membuat hati kita teriris.

Coba kita dengar jeritan nasib dari korban bencana alam, yang meluluh lantahkan tidak hanya harta, mental bahkan kehidupan mereka.

Coba kita buka kembali lembaran demi lembaran tentang cerita duka nestapa dari mereka yang hak-haknya dirampas paksa baik oleh alam maupun tangan manusia yang tidak bertanggung jawab.

Coba kita berusaha memahami tentang nasib si anak yang menghabiskan waktu mereka tanpa kasih sayang dari orang tua mereka, karena mereka telah ditinggal mati oleh orang tuanya.

Mari kita membuka mata hati, menarik napas panjang, dan jernihkan pikiran kita untuk sedikit menyisihkan ruang pada otak dan relung hati yang paling dalam bagi "RASA PEDULI" untuk menetap, lalu kita sirami dengan rasa tulus dan suci semata hanya karena Tuhan sehingga pada akhirnya Rasa Peduli itu mengakar kuat pada diri kita.

Mari kita tingkatkan rasa peduli terhadap sesama umat manusia di dunia ini, peduli terhadap keberadaan lingkungan, agar kenyamanan hidup benar-benar dapat dirasakan.

08 Oktober 2008

Mengais Dollar, benarkah kita untung ???

Tidak dapat dipungkiri, saat ini para blogger banyak memanfaatkan blognya untuk meraup dollar.  Mulai dari  program Paid to Click misalnya No-Minimum, Donkeymail, Worldwide-cash, Clicksense dan banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan disini, menjual link untuk iklan bahkan Paid To Review yang konon merupakan ajang duel opini bagi blogger yang menguasai bahasa inggris.

Hasil dollarpun bervariasi, tergantung dari program yang diikuti termasuk status dari blog itu sendiri.
Sebenarnya khusus untuk program Paid To Click, apabila kita tidak bijak dalam memperhitungkan baik waktu maupun biaya yang kita gunakan untuk online di internet, justru tidak ada keuntungan sama sekali.  Bagi blogger dengan fasiltas internet yang gratisan ( misalnya: pekerja instansi pemerintah, militer dll ) itu tidak ada masalah, karena sambil kita mengerjakan tugas,  di sela-sela waktu yang ada disisipkan kegiatan mengklik daripada PTC yang kita ikuti.

Program untuk meraup dollar yang lebih menguntungkan dari pada PTC adalah PTR, namun untuk mengikuti program ini banyak syarat-syarat yang diberlakukan daripada program PTC.   Selain status blog yang ber PR tinggi, kemampuan berbahasa inggris secara aktif sangat dibutuhkan termasuk kemampuan mengolah imajinasi kita.   Lalu bagaimana kalau kemampuan berbahasa asing kita pas-pasan?

Banyak jalan menuju ke SURGA........selama kita tidak putus asa dan mau berusaha.
Banyak layanan penerjemah bahasa secara on line yang bisa dijadikan partner dalam usaha kita untuk mendulang dollar.  Salah satunya http://toggletext.com.   Bahkan saat ini pihak GOOGLE yang notabene merupakan  arena di mana kita berselancar di dunia maya sudah menyediakan sarana penerjemah bahasa yang ada di dunia termasuk INDONESIA.   Kalau anda tertarik coba berkunjung di GOOGLE Translate beta milik eyang GO....

Pesan eyang GOOGLE... lewat mimpi bete' : " kalau dapat dollar banyak, ingat kaum dafa... fakir miskin dan anak yatim......"

 
Foto saya
Ketidaktahuan anda adalah kepedulianku untuk selalu memberikan informasi, meski hanya sekedar hilangkan rasa ingin tahu saja.