27 Juni 2008

Hal Yang Membuat Kita Tidak Pandai Bersyukur

Si Tole besar ceritanya dapat petuah dari guru ngajinya,.... biasa tiap malam Jum'at khan ada pengajian. Dan sebagai umat beragama, saya wajibkan si tole yang udah hilang "Topi Baja' nya alias baligh untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Si Tole selepas dari pengajian membuat ulasan tentang materi ceramah tersebut.

Dengan berlagak sebagai seorang Kyai, si Tole mulai bercerita :

Ada dua hal yang membuat manusia ini tidak pandai bersyukur

1. BODOH dengan kata lain TIDAK BERPENGETAHUAN/ Berilmu.

Berpengetahuan atau berilmu... itu merupakan dasar daripada kehidupan yang layak bagi manusia. Bagaimana manusia ini dapat memperbaiki taraf kehidupan mereka apabila pada dirinya tidak mempunyai ilmu pengetahuan. Bagaimana mereka dapat menjabarkan satu demi satu peristiwa atau kejadian yang mereka alami apabila mereka tidak mempunyai ilmu dalam otaknya. Ibarat hardisk, apabila tidak dipartisi dan diinstal system utility dan aplikasi yang lainnya.... mana mungkin bisa memasukkan atau mengerjakan file pada PC yang ada?

Gambaran otak manusia yang sederhana.... bagaimana memory otak kita akan merespon sinyal dari luar tubuh kita apabila kita sendiri malas untuk mengisi lembaran demi lembaran kehidupan kita dengan mencari ilmu sebanyak-banyaknya?? Bagaimana kita mampu menghitung sudah berapa banyak nikmat dari Allah SWT yang dirasakan.... meskipun sudah dijelaskan dalam Al-Qur'an bahwa kita tidak akan mampu menghitungnya? Sedangkan ketidakmampuan kita yang dijelaskan dalam Al Qur'an.... adalah sebuah Ilmu yang telah kita baca dari Al-Qur'an atau kita dengar dari para ulama/ ustad atau dari majelis-majelis pengajian yang kita ikuti?

Itulah gunanya kita belajar.... mengasak otak kita untuk berpikir, untuk mencoba mengungkapkan rahasia hidup ini.... dari mana dan dari apa serta bagaimana... kapan... adalah rahasia yang selalu dicari agar kita pandai bersyukur terhadap segala tetek bengek yang terkait dengan kehidupan manusia.

Untuk itu... menimba ilmu pengetahuan sebagai bekal dalam menjalani kehidupan ini penting dan sangat penting. Ingat jangan MALAS belajar

2. LUPA atau Lalai.

Banyak faktor yang membuat diri kita lupa dan lalai selain TIDUR dan GILA. Dalam kehidupan ini, entah diakui atau tidak, disadari atau tidak.... apabila kita ditimpa suatu kemalangan kita lalu ingat pada sang pencipta... ALLAH SWT, atau minimal ingat kepada TETANGGA sebelah. Apalagi kalau bukan urusan memohon bantuan demi bisa keluar dari masalah yang kita hadapi.

Nah, saat kita sudah bisa keluar dari kemalangan tersebut dan proses kehidupan terus kita jalani bahkan kita berhasil dengan semua usaha-usaha kita. Lalu pada diri kita ini biasanya yang ada adalah "WAH". Yang ada adalah kebanggaan yang dapat melahirkan benih-benih kesombonngan dan pada akhirnya semua itu hanya membawa kita larut pada alur kehancuran.

Kita lalai bahwa semua yang kita nikmati ini ada limitnya, ada ketentuan yang sudah dipatri oleh Allah SWT. Tergantung pada diri manusia, kalau kita pandai-pandai bersyukur maka nikmat ini akan selalu bertambah, karena itu adalah janji Allah SWT.

Si tole kemudian meneguh segelas air... dan berakhir sudah ulasannya.


24 Juni 2008

Buat Folder Pintar

Jika anda adalah tipe "Peselancar web" canggih yang butuh menyimpan dan mengikuti perkembangan berbagai macam situs yang spesifik, hal berikut akan mempercepat anda: dengan menggunakan jendela Pustaka pada Firefox 3, anda dapat membuat dan menyimpan pencarian menjadi folder yang secara otomatis diperbarui seiring dengan penambahan bookmark dan riwayat.

Pertama-tama, buka jendela Pustaka dengan memilih menu "Kelola Bookmarks" pada menu Bookmark. Setelah itu ketikkan kata yang ingin dicari pada kotak pencari, dan klik tombol Simpan untuk membuat Folder Pintar.

20 Juni 2008

Pengalaman adalah guru bagi kita

Ini adalah pengalaman sekaligus guru terbaik bagi saya mencari solusi aplikasi trial menjadi genuine, ceritanya saya diajak oleh pak "DAN" untuk membeli Acer Aspire 4920G yang mempunyai spesifikasi cukup besar. Namun sayangnya aplikasi yang ditanam di dalamnya bersifat trial dan tidak ada cd/dvd driver dengan alasan driver serta aplikasinya sudah ditanam didalamnya dan terhidden. Windows vista home premium original sudah nongkrong didalamnya. Sayangnya Microsoft Office Enterprise 2007 yang menurut saya paling bagus dibandingkan microsoft Office home and student 2007, microsoft office professional 2007 atau produk microsoft office 2007 lainnya, bersifat trial dengan batas waktu 60 hari. Sudah kucoba untuk konfirmasi masalah cd/dvd driver tersebut, namun karena waktu kami yang terbatas akhirnya notebook tersebut kami bawa pulang.

Sesampai di kantor, saya mencoba office enterprise 2007. Karena bersifat trial maka setiap membuka Microsoft Office Word 2007 selalu convert kode key yang diberikan.

Hal ini membuat saya mengadu ke eyang guru "Google", gimana sih agar aplikasi trial ini menjadi aktif seperti aslinya??? Dasar Eyang Google bermurah hati.... maka saya diberikan beribu dan mungkin berjuta alternatif dengan mengklik url yang ada. Dari sekian juta url tersebut setelah kubuka...eeeeee..... buntutnya ...."Lu...harus bayar dulu"..... weleh!!

Kepalaku semakin mumet, asap 234 semakin mengepul di "tutuk"-ku ( bosonya si tole ) yang sudah mulai keluar umpatan kisruh bin misuh bahasa Jerman, perancis, inggris, madura hingga.... badui bahkan anjing....bebek kurap... kutu busuk.... hingga bangsa kuntilanak, setan pun nyocros begitu aja.... buntut-buntutnya "astaghfirullah" .... membuatku tenang kembali.

Saya mulai cari solusi sendiri.... emang kita tidak boleh menyerah..... dengan sistem empowering saya backup dan burning driver serta aplikasi hingga habis 6 keping DVD, hal ini saya lakukan untuk antisipasi hal-hal negatif dari dampak rencana ulahku yang ngawur, apalagi ini barang baru 15 menit keluar dari gudang Acer Center.

Jariku mulai aksi, otakku mulai berbisik :

- " coba klik start terus lu ketik RUN pada search, lalu ketik REGEDIT "

- "kalau udah muncul jendela registry editor, lu cari HKEY_LOCAL_MACHINE" bisik otakku lagi.

- "kemudian ke SOFTWARE, terus cari Microsoft, terus ke Office, terus......"

- " ntar kusedut dulu 234nya" sela mulutku... " lanjut!!"

- "klik 12.0, lalu cari Registration..... nah disitu khan ada "DigitalProductID".... hapus saja".

- " sekarang buka Microsoft Office Word (MOW)2007, maka lu diminta untuk memasukkan serial number, ambil kode key yang diberikan dari office 2007 key generator".

- kemudian MOW 2007 meminta lu untuk jalankan proses Install "original copy of Microsoft Office" dalam komputer lu.... klik saja "Install Now"... tunggu 2 s/d 3 menit proses install berjalan..... sedut dulu tuh 234 lu.... eman...."

- " bila sudah kelar.... tutup MOW2007..... huuuusstttt, nutupnya pelan-pelan ntar ambregh tuh kompi lu"

- " Nah ini proses terakhir.... minta ijin sama eyang guru Google untuk masuk ke sini

- " kalau udah masuk, lalu klik ini "Validate Office" trus coba amati gambar dibawah ini :



- " Itu adalah bukti pengakuan dari Microsoft Office bahwa software yang lu gunakan ASLI.... he..he... padahal trial.... berarti lu berhasil"


Kemudian aku mencoba membuka MOW 2007, dan ........ weeeeeeeeeee ngacir bin lancar.

Pengalaman ini paling tidak bisa dijadikan masukkan bagi sobat blogger, terutama pihak yang punya software agar lebih extra ketat dalam memberikan layanan trial.

Cerita ini tidak bermaksud mengajak rekan blogger untuk menjadi Pillager, tapi sekedar untuk mencari makna dari kronologisnya.

18 Juni 2008

Scribefire 2.2.7 Pengaya untuk Firefox




Scribefire 2.2.7 adalah tambahan pengaya yang direkomendasikan untuk firefox 2.0 s/d 3.0. Versi ini diciptakan oleh Christopher Finke dan telah diperbaharui pada tanggal 16 Juni 2008.

Dengan Scribefire 2.2.7 memudahkan kita untuk memposting artikel kita ke dalam blog.

Untuk mendapatkan pengaya ini silahkan anda kunjungi : https://addons.mozilla.org/id/firefox/addon/1730 dan seperti langkah-langkah dalam memasang pengaya lainnya, anda tinggal klik "add to firefox"

Setelah Scribefire terinstall, maka firefox meminta kita untuk restart ulang. Setelah proses tersebut maka akan muncul icon berwarna coklat muda di sudut kiri bawah. Silahkan klik icon tersebut atau tekan F8 pada keyboard dan anda akan siap untuk membuat posting baru dengan mengikuti langkah - langkah sebagai berikut :

1. Klik "Blog" pada sidebar sebelah kiri kemudian jalankan account wizard

2. Masukkan alamat url dari blog dimana kita akan memposting artikel.

3. Silahkan pilih system blog anda dari pilihan yang ada di frame scroll, karena kita pakai blogger maka kita pilh blogger

4. Silahkan masukkan ( atau rubah) "API URL anda, kemudian klik next

5. Masukkan User Name dan Password dari account blogger anda, kemudian klik next.

6. Akan ada informasi bahwa login telah sukses, terdapat nama blog dan url dari blog yang akan dimasukkan. kemudian klik next.

7 Wizard Akun Scribefire akan memberitahukan kepada kita bahwa Account sudah dimasukkan, klik finish.

8. Kemudian kita mulai memposting artikel kita, adapun untuk memasukkan gambar dan link tautan anda tinggal mengklik icon yang ada di toolbar, demikian juga dengan pengeditan posting kita.

9. Untuk memasukkan kategori dari tulisan kita tinggal klik kategori yang ada di sidebar.

10. Untuk mencoba melihat tampilan, klik preview.

11. Untuk memasukkan kode html ( readmore dll ) atau pengeditan kode html, klik pada "pengeditan sumber " yang dilambangkan dengan icon <A>

12. Simpan dulu sebagai "notes", agar memudahkan kita untuk mengedit daripada hasil postingan kita.

13. Setelah yakin baru kita publish ke blog kita.

14. Kemudian klik nama daripada blog kita.

Pada awalnya kita akan menjumpai hasil dari pada artikel yang diposting kadang berjumlah ganda, untuk menghilangkan daripada tampilan posting yang double, klik entri kemudian pada Posts klik judul dari artikel yang akan dihapus. Penghapusan dilakukan pada halaman edit, pada judul posting yang ada di sudut kiri, kita klik hapus kemudian muncul jendela konfirmasi tentang permintaan untuk menghapus. Kemudian baru kita klik nama daripada blog kita,

Dan artikel ini adalah uji coba menggunakan pengaya tersebut, silahkan anda mencobanya.


13 Juni 2008

The official date for the launch of Firefox 3 is June 17, 2008

Download Day

Tanggal 17 Juni 2008 adalah merupakan penentuan tanggal resmi diluncurkannya FIREFOX 3. Untuk itu bagi sobat-sobat blogger yang mendukung kegiatan "Download Day to set the Guinness World Record for Most Software Downloaded in 24 Hours" memastikan untuk turut mengunduh dari pada Firefox 3 pada tanggal tersebut.

Sampai dengan saat ini pengguna Firefox di Indonesia yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini sekitar 1,128,190 orang, hal ini dapat kita cek di http://www.spreadfirefox.com/en-US/worldrecord

Kemungkinan untuk hari ini akan terus bertambah

Mari kita dukung kegiatan ini, minimal kita ikut menyebarkan info ini dengan memajang logo kegiatan tersebut di website/ blog kita

11 Juni 2008

Tawaran $1.000.000.00



Kontes yang berhadiah saham senilai $1.000.000.00 sangat mengagumkan dan sangatlah mudah untuk mengikutinya, anda tidak perlu mereview,subcribe,stumble dan yang lainnya

Anda hanya dimintai untuk menyebarkan berita ini kepada 2 sobat anda

Info lebih jelas lihat di http://www.cashblasterpro.com/index.php?c=86765

Membuat bingkai Scroll pada widget baru blog

Kita ketahui bahwa pada layanan blogger terutama pada elemen halaman ada fasilitas baru yaitu “Daftar blog”. Fasilitas ini bila kita manfaatkan sebagai wadah daripada link-link sahabat blogger tentunya akan lebih menarik.

Karena dengan fasilitas ini kita akan tahu posting terbaru dari blog sobat yang sudah kita link.tanpa harus membuka link daripada blog tersebut. Kita pun tidak direpotkan harus mengurutkan abjad daripada nama blog yang akan kita link.
Hanya saja kita perlu menambahkan bingkai scroll agar daftar dari blog yang sudah kita link tidak terlalu panjang, langkah ini untuk mengantisipasi blog yang kita link banyak sekali.

Kopi kode dibawah ini

#scrolling {
overflow: auto; height: xxxpx; width: xx%;
background-color:#xxxxxx; border:xpx solid #xxx;
margin: xpx auto; padding:xpx; font-size: xxpx;
color: #xxx; text-align: left;
}

Ganti tanda x dengan ukuran dan kode warna sesuai selera anda

Kemudian kita masuk dalam halaman layout,kita buka tab Edit Html jangan tandai kotak Expand Template widget, Paste kode tersebut diatas kode : ]]></b:skin> kemudian kita simpan template.

Masih pada tab Edit Html, tandai kotak Expand Template widget

Lalu cari kode berikut :

<b:widget id='BlogList1' locked='false' title='My Blog List' type='BlogList'>
<b:includable id='main'>
<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
<div id='blog-list-title'>
<h2 class='title'><data:title/></h2>
</div>
</b:if>
<div class='widget-content'>

Tambahkan kode <div id='scrolling'> diantara kode </b:if> dan kode <div class='widget-content'>

Hasilnya akan seperti ini

<b:widget id='BlogList1' locked='false' title='My Blog List' type='BlogList'>
<b:includable id='main'>
<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
<div id='blog-list-title'>
<h2 class='title'><data:title/></h2>
</div>
</b:if>
<div id='scrolling'>
<div class='widget-content'>

Kemudian tambahkan kode </div> diatas kode dibawah ini

</b:includable>
</b:widget>

Selamat mencoba

10 Juni 2008

Otak-atik Template 2 kolom


Karena tidak ada kesibukan di luar basis, waktu yang ada saya gunakan untuk mencoba mempelajari otak-atik template.

Kali ini saya mencoba untuk mempelajari bagaimana membuat model posting dengan dihiasi pernik-pernik, demikian juga dengan model sidebarnya.

contoh hasilnya seperti dapat dilihat disini

Meskipun sederhana, tapi cukup untuk membuat hati puas.
Minimal merupakan motivasi bagi saya untuk lebih giat mempelajari cara mendesign template dan siapa tahu ada sobat yang tertarik.

Untuk yang lebih tahu soal pembuatan template... mohon kiranya saran demi kemajuan saya untuk belajar mendesign daripada tampilan template untuk berikutnya.

05 Juni 2008

Do'a si toLe

Magrib....saat aku pulang dari kantor, tidak seperti biasanya di depan pintu rumah tidak ada teriakan si toLe kecilku. Hingga derung shogun biruku sampai berhenti, teriakan lantang yang diiringi cekikikan si toLe.... blas, ndak nongol sama sekali. Bahkan saat aku ucapkan salam di depan pintu.... yang kudengar hanya suara "mbok-e" toLe menjawab salam, yang kemudian mencium tanganku.

Aku tanya ama mbok-e toLe tentang keberadaannya
" Itu.... lagi jamaah Maghrib ama kakaknya"
Aku hanya diam.. namun hatiku berucap hamdallah.
Saat aku taruh sepatu PDL-ku di rak sepatu, si toLe besar datang menghampiriku dan mencium tanganku.

Aku lihat si toLe kecil masih duduk, menghadap kiblat.
Samar-samar aku dengar dia berdo'a... dan do'anya membuat aku hampir terpingkal-pingkal. Aku duduk di kursi, tak jauh dari dia berada. Tak lama si toLe kecil selesai berdo'a, dan langsung duduk di pangkuanku.

" Eh... adik tadi berdo'a minta apa ?" tanyaku
" Itu, yah. Aku tadi lihat di SCTV, banyak demo masalah BBM, ibu juga bingung beli minyak tanah."
" Trus..." timpalku
" Nah...tadi khan kakak belajar agama, katanya kalau ingin sesuatu kita harus berdo'a."
" Trus... do'a adik tadi...."
" Oh... tadi aku berdo'a agar terjadi banjir minyak, supaya tidak ada demo lagi, yah!!!" Khan negara kita sering mengalami banjir air, banjir lumpur... nah kalau banjir minyak khan belum,yah!!!"
"he..he.he..he...sekalian minta banjir emas dik, biar negara kita ndak banyak hutangnya....."

dasar.... nular juga tuh sifat mbelingku.....

02 Juni 2008

Guinness World Record for the most software downloads in 24 hours

Download Day 2008

Komunitas Firefox selalu hadir dengan daya kreatif untuk menyalurkan cinta mereka pada Firefox. Mereka akan mencoba memecahkan Guinness World Record untuk perangkat lunak yang paling banyak download/ di unduh dalam waktu 24 jam?!

Untuk menjadi bagian dari rekor dunia ini jauh lebih aman dibandingkan harus beratraksi yang dapat membahayakan yawa atau mengancam keselamatan baik dirinya sendiri maupun orang lain.

Untuk ikut berpartisipasi dalam hal ini, kita hanya perlu mendownload/ mengunduh Firefox 3 pada Download Day yang akan diadakan pada bulan Juni.

Coba kunjungi Download Day Headquarters di SITUS INI dan berjanjilah untuk mengunduh Firefox 3 pada tanggal yang ditetapkan ( hingga sampai dengan saat ini belum ada pemberitahuan kapan tanggal pelaksanaannya )

Sebagai pengguna mozilla firefox mari kita berpartisipasi untuk mendukung kegiatan tersebut. Tinggal klik PLEDGE NOW , trus pilih negara dan tulis alamat email Anda, lalu klik Pledge lagi. Saat ini bidikCOM ngeklik sudah ada dari Indonesia 2.230, jadi si bidikCOM urutan partisipasi yang ke 2.231 ( barangkali ???? he..e..he..)

01 Juni 2008

Otak-Atik Template 1 Kolom


Akhir-akhir ini nampaknya bidikCOM lagi asyik keranjingan mendesign model template. Maklum mumpung lagi enjoy dan ndak ada kegiatan di luar basis.

Coba anda klik disini

Dari model template dua kolom, kini mulai belajar membuat model satu kolom dengan sidebar berada di bawah.

Seperti biasa, untuk mendesign skin program Adobe Photoshop CS3 Ext merupakan program favorit. Untuk menulis template menggunakan notepad yang ringan dan ndak perlu nginstal lagi di si COM.

Tentunya model template ini masih jauh dan sangat jauh dari sempurna... maklum belajar bayar menir..he..he...

Rencananya sih.... kalau si bidikCOM udah mahir dalam soal ini, akan membuat beberapa model template untuk new blogger dengan tujuan agar semangat para blogger Indonesia meningkat

Tidak menutup kemungkinan suatu saat bidikCOM akan mencoba membuat tutorial dengan kata lain belajar bersama mendesign model template dengan Adobe sekaligus menerapkannya ke dalam template yang sesuai

Untuk sobat blogger yang ahli dalam hal ini.... minta koreksi dan dukungannya dong

Trim's

 
Foto saya
Ketidaktahuan anda adalah kepedulianku untuk selalu memberikan informasi, meski hanya sekedar hilangkan rasa ingin tahu saja.