19 September 2008

Effect Shaping Intersect pada Text

Biasanya menjelang lebaran Idul Fitri, banyak dijual kartu ucapan yang mana bentuk dan corak ilustrasinya berbeda-beda.    Namun apabila kita membuat kartu ucapan itu dengan ide kita sendiri tentu akan membawa makna tersendiri di hati kita.

Nah, berawal dari uraian di atas bC ingin menyumbangkan ide berupa model text-nya untuk menghiasi kartu ucapan yang akan kita buat.

gb-1 1.    Buka program CoreldraW X3, kemudian atur layout sesuai ukuran kartu ucapan yang akan kita buat.    Pada MENU BAR klik ARRANGE kemudian SHAPING.

 

2.    Pada jendela Shaping pilih menu Intersect.

GB2

3.    Kemudian pada Toolbox aktifkan TEXT TOOL kemudian buat tulisan "IDUL FITRI 1429 H" dengan type font STENCIL, untuk ukuran font disesuaikan.

4.    Dengan "Ctrl - I", import gambar yang akan dijadikan background paduan Text.   Tekan "Ctrl + End"  agar gambar berada di posisi belakang text.   Kemudian atur posisi Text di area gambar yang menurut kita bagus untuk dipadukan dengan text nantinya.  Lihat gambar berikut :

GB3

5.   Pada Jendela SHAPING centang kotak kecil di samping "SOURCE OBJECT (S)" dan "TARGET OBJECT (S)"

6.   Klik text sehingga botton "INTERSECT WITH" aktif.

GB5

GB6

 

 

 

 

 

7.   Arahkan Mouse pada area background (gambar), kemudian klik.

GB7

8.   Hasil setelah kita diklik dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

GB8

9.   Untuk dapat melihat hasilnya, klik pada background ( gambar ) kemudian tekan DEL pada keyboard.

GB9

Selamat mencoba dan berkarya......

5 komentar:

`.¨☆¨geLLy¨☆¨.´ mengatakan...

Wuih kk inponya nice bngtt'''

kk aku peNgeN coba...

John Smith mengatakan...

Hey, nice blog.
I just thought you would like to put a Google Web Search Widget in your sidebar. You and your readers will easily be able to search google from your site.

Or you could blog about it...
- John

Shugoshin mengatakan...

Wah, infonya keren, tp sayang, aq ga bs otak-atik corel, ga ada bakat alam sih, hehe

Blogger Addicter mengatakan...

makasih nie kang tutorial corelnya..hehehe..mo belajar dulu ahh di rumah..kayanya gampang yah..musti coba nie..maklum kang..sebelumnya ndak bisa corel nie..xixixixi

Eucalyptus mengatakan...

Klo bikin beginian mah emang Nataludin pakarnya... BTW saya mau coba deh walopun besar kemungkinan gak berhasil krn kegaptekan yg melekat... he he he..

Posting Komentar

 
Foto saya
Ketidaktahuan anda adalah kepedulianku untuk selalu memberikan informasi, meski hanya sekedar hilangkan rasa ingin tahu saja.