02 Januari 2008

Kreasi Adobe Photoshop CS3 Ext


Kali ini bidikCOM mengajak para sobat blogger untuk belajar membuat sebuah kreasi dengan Adobe Photoshope CS3 Ext yaitu sebuah Vasbunga. Coba lihat gambar dibawah ini



1. Buat kanvas baru dengan ukuran width= 330 & height = 350, resolution = 70 px/inc ; background content = transparant.

2. Pertama kali yang kita buat adalah vas bunganya. Pada Toolbar klik Pen Tool, kemudian buat bidang secara terkait dan acak. Kemudian dengan Convert Point Tool bentuk bidang tersebut hingga membentuk sebuah Vas bunga. Lihat gambar berikut


Gambar sebelum dibentuk


Gambar setelah dibentuk

3. Pada layer Vas bunga klik kanan > Duplicate layer > As= beri nama silued Vas > pada Toolbar klik Magic Wand Tool (W) > Klik bidang vas pada layer Silued Vas > pada Toolbar klik set Foreground color = # fab206 > OK, kemudian pada menubar klik Edit > Fill > use Foreground Color > OK. Setelah itu klik sembarang tempat pada bidang kanvas untuk menghilangkan pengaruh MagicWand Tool.

4. Masih pada Layer Silued Vas, pada Toolbar klik Eraser Tool (E) , kemudian bentuk silued secara acak dengan menghapus bagian vas, lihat gambar dibawah ini



5. Langkah selanjutnya klik Smudge Tool, pada master diameter buat 10 px kemudian perhalus hasil eraser tadi dengan cara menggeser-geser mouse sesuai kreasi kita. Hasilnya kurang lebih seperti gambar dibawah ini.



6. Kemudian kita akan membuat meja. Pada Toolbar klik Elipse Tool lalu bentuk bidang elip yang sebelumnya color picker diatur dengan warna #eae8e3, berikan effect > Layer > Layer Style > Bevel & Emboss > Structure > Style = Inner Bevel > Technique = Smooth > Depth = 134 % > Direction = up > Size = 10 px > Soften = 8 px > pada shanding > angle = 138 > Altitude = 21 > Gloss Contour = Rounded Steps > Highlight mode = Screen. Set Color for highlight = #ffffff > Opacity = 75% > Shadow mode = Multiply ; Opocity = 75 %.



7. Buatl layer baru dibawah layer meja. Buat bidang Elip seperti langkah diatas untuk membuat penyangga permukaan meja, dengan konfigurasi sebagai berikut : Color Picker #75560c > Layer > Rasterize > Shape, kemudian klik Magic Wand Tool, klik bidang elip > Filter > Render > Lighting Effects > lihat gambar dibawah.


8. Buatlah background dengan menambah layer baru pada bagian paling bawah di jendela layer. Klik Rectangle Tool dan buat shape selebar kanvas. Setelah itu klik Layer > Rasterize > Shape kemudian berikan effect Lens Flare dengan cara klik Filter > Render > Lens Flare > Brightness 162 % ; Lens Type = 35 mm prime.



9. Kemudian kita akan membuat bayangan vas pada bidang permukaan meja. Klik kanan pada Layer Vas > Duplicate Layer > As = Silued Vas > OK > Control T > Klik kanan di dalam bidang yang terseleksi > Flip Vertical > geser gambar ke bawah > Klik kanan lagi > Skew > atur kemiringan bayangan sesuai datangnya sinar > Move Tool > Apply > Eraser Tool > Hapus bagian atas bayangan Vas sesuai bentuk tepi meja ; Layer ini berada dibawah layer Vas. Gunakan Smudge Tool untuk melebarkan warna hitam > pada Opacity = 100 % ; Fill = 54%.

10. Kemudian kita membuat daun dengan klik Pentool, atur color picker dengan warna # 038942, bentuk beberapa titik point kemudian dengan Convert Point Tool atur kelengkungan bidang daun sesuai kreasi kita. Buatlah beberapa daun dengan langkah yang sama dan tentunya sesuai daya kreatif kita. Berikut gambar setelah kita menyelesaikan beberapa langkah di atas.



Saya rasa proses belajar bersama dalam Kreasi Adobe Photoshop CS3 Ext cukup demikian , semoga menambah wawasan kita semua.

2 komentar:

webringnet.com mengatakan...

bagus tutor ini. cuma saya tidak pandai guna pen tool. pernah cuba tapi susah

terima kasih

Ani mengatakan...

Ganti profesi yo mas, saiki dadi tukang nggawe pot ? hi..hi...hi...
*kabuuuuuuur*

Posting Komentar

 
Foto saya
Ketidaktahuan anda adalah kepedulianku untuk selalu memberikan informasi, meski hanya sekedar hilangkan rasa ingin tahu saja.