19 Desember 2007

Tamiya Ngacir ( Tutorial Animasi )


Kali ini bidikCom ingin mengajak rekan-rekan blogger untuk belajar membuat animasi Tamiya, yang merupakan perpaduan corelDRAW X3 dan Microsoft Gif Animator.

Kurang lebih hasilnya seperti di bawah ini :



Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Buka program corelDRAW X3 >Layout > Page Setup > Paper = Custom > Width = 400 px ; Height = 300 px.

2. Pada Toolbox klik Rectangle Tool untuk membuat background dengan ukuran sama dengan lebar kanvas. Berikan warna dengan klik Fill Tool > Fountain Fill dialog > Type = Radial > pada Colorblend > Two color : From = Cyan ; To = White ; Midpoint = 30 ; Edgepad = 0%.

3. Pada Toolbox klik Polyline Tool untuk membuat lintasan Tamiya. ( bentuk garis tepi pertama, kemudian kopi garis tersebut untuk membentuk garis tepi kedua kemudian atur sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah lintasan. Seleksi kedua garis yang sudah membentuk lintasan tersebut, kemudian pada Property Bar klik Trim untuk menyatukan kedua garis sehingga nantinya dapat diwarnai. Berikan warna 20% black.

4. Langkah selanjutnya membuat mobil Tamiya. Pada Toolbox > Rectangle Tool , buat sebuah bidang kotak, berikan warna merah. Untuk mengatur kelengkungan garis kita pakai Shape Tool lalu klik Convert to Curve ( Ctrl + Q ) pada Property Bar. Khusus membuat roda, pada kelengkungan roda gunakan Rectangle Corner Roundness.

5. Setelah mobil Tamiya selesai, letakkan pada lintasan yang sudah ada. Lihat gambar dibawah ini :



6. Ubah sedikit demi sedikit posisi mobil pada lintasan dengan catatan setiap perubahan posisi mobil kita Capture dengan menggunakan corel Capture X3 lalu buka dan crop dengan corelPHOTOPOINT X3. Kemudian save as dalam bentuk file .GIF. Dari proses tersebut kita akan mempunyai gambar sebanyak 17 gambar.

7. Langkah selanjutnya kita buka program Microsoft Gif Animator. Open file = masukkan gambar 17, kemudian dengan Klik Insert masukkan gambar 16 berturut-turut hingga sampai dengan gambar 1.



8. Pada Animasi centang Looping dan Repeat Forever

9. Pada Image, Duration = 20 ; Undraw methode = leave, kemudian save. Hasilnya lihat gambar animasi di atas.

Selamat mencoba, semoga Tamiya Ngacir dapat menambah wawasan kita dalam menciptakan karya animasi.


1 komentar:

Ani mengatakan...

Oalah lha tamiya iki dolanane anakku jhe, aku emoh ngotak ngatik.

Posting Komentar

 
Foto saya
Ketidaktahuan anda adalah kepedulianku untuk selalu memberikan informasi, meski hanya sekedar hilangkan rasa ingin tahu saja.