03 Desember 2007

Animasi Adobe Photoshop CS3 Extended


Saat susah cari yang namanya itu "Inspirasi", saya coba ketok-ketok pintu blogger sobat. Mulai dari yang puisi, ajak-ajak cari dollar hingga sampai kulak-an sendal jepit...(he...he... jangan tersinggung, nanti cepet tua ). Eh.. ketika ketuk pintu di rumahnya mbak Tia "ANGIN BERBISIK " saya jumpai gambar mata pada postingan hari Rabu,21 Nopember 2007 yang sepintas mirip mata punya-e mbok ndewor.....(we..e..leh itu ibunya Tole ). Gambarnya seperti ini.....



Gb. Asli mata.....lho ini.

Akhirnya saya buntel dan masukkan karung gambar tersebut ( udah ijin, lho mbak Tia..), lalu kuotak atik gambar itu dan jadinya seperti ini :



Saya yakin banyak sobat blogger sudah tahu cara otak-atik Adobe photoshop. Disini saya menggunakan Adobe Photoshop CS3 Extended yang ndak ribet seperti varian sebelumnya. Bagi sobat yang belum tahu cara buatnya, saya ndak pelit.... kok. Ikuti aja langkah-langkah berikut ini.... tapi ingat, jangan nyibir dulu....maklum ilmu karbitan "dewek".

1. Buka program Adobe, klik File>Open - cari dimana gambar mata kita simpan.

2. Setelah gambar muncul akan berbentuk layer dengan nama background, pada menu bar klik Windows > layer (F7) kemudian muncul jendela layer. Rubah nama "background" dengan klik 2x pada tulisan background sehingga muncul jendela "new layer" > name is : ( ketik mata1)>Ok.

3. Pointer pada posisi layer "mata1", Klik kanan pada mouse>klik duplicate layer> pada As : ketik "mata2" > Ok.

4. Selanjutnya kita akan otak-atik "Layer Mata2", tapi sebelumnya klik gbr mata kecil (Indicates layer visibility ) pada kotak kecil di "Layer Mata1", dengan tujuan untuk menyembunyikan layer tersebut. Lihat gambar dibawah ini ( lingkaran merah menunjukkan Indikasi layer sudah diklik )



5. Klik "Layer Mata2", kemudian pada Toolbar klik Lasso Tool (L), langkah selanjutnya seleksi bola mata sebelah kiri. Pada posisi bola mata terseleksi, klik "Move Tool" pada Toolbar dan geser bidang yang terseleksi tersebut ke arah tengah bagian mata. Kita dapatkan ada lubang bekas daripada bola mata yang sudah digeser. Gunakan "CloneStamp Tool" kemudian tekan "Alt" ( pada keyboard ) bersamaan itu pula arahkan pointer mouse pada warna yang menurut kita sesuai dengan sektor lubang tersebut. Lepas "Alt" , arahkan pointer mouse ke bagian yang akan ditutup, kemudian dengan klik kiri mouse lakukan secara teliti....sabar....telaten.....opo meneh,yo.......pengeditan warna hingga lubang tertutup.

6. Untuk merapikan bagian bola mata maupun bidang yang terpotong, gunakan "Smudge Tool (R) " Lihat hasilnya seperti gambar dibawah ini :



7. Pada mata sebelah kanan, kita hilangkan bola mata dengan cara klik "Lasso Tool" , seleksi bola mata kemudian tekan "Del". Copi bola mata kiri yang sudah diedit dengan cara Klik "Elliptical Marquee Tool" lalu seleksi bola mata tersebut > Arahkan pointer mouse di tengah bidang yang terseleksi > klik kanan mouse > klik layer via copy > Move Tool > kemudian geser copian bola mata tadi ke arah bidang mata kanan. Gunakan langkah-langkah yang ada pada No.5 dan No. 6 untuk proses pengeditan. Setelah selesai, tekan "Shift " pada keyboard kemudian seleksi "layer 1" dan "layer mata 2" lalu tekan Ctrl E untuk proses Merge Layer.
Lihat gambar dibawah ini :



8. Aktifkan "Indicates Layer Visibility " atau gambar mata pada layer mata1.

9. Untuk membuat animasi, klik pada "Window" pada menu bar, klik "Animation" akan muncul jendela animasi. Klik "Duplicates Selected Frames " untuk membuat frame 2.
Lihat gambar dibawah ini : ( Lingkaran merah "Duplicates Selected Frames " berada ).




10. Kembali ke Frame 1, pada layer mata2, klik "Indicates Layer Visibility " untuk menyembunyikan layer tersebut.




11. Kembali ke Frame 2, pada layer mata 2, aktifkan "Indicates Layer Visibility "



12. Klik "Tweens Animation Frame "




13. Kemudian muncul jendela Tween, atur sesuai gambar berikut :





14. Setelah kita klik OK, akan muncul beberapa frame seperti gambar berikut :



15. Pada Frame 7, klik "Selects Frame Delay Time " ( kotak merah pada gambar diatas ). Kemudian format delay pada 2.0 seperti gambar dibawah ini :





16. Untuk mengetahui hasilnya, coba klik tombol play...dan nikmati lirikkan matanya.





17. Simpan File> Save For Web & Devices.... > GIF >Save as type > Image only.

Saya rasa demikian cara mengotak-atik si mata jelita, mudah-mudahan lirikan mata ini membuat sobat blogger khususnya yang baru belajar "kayak " saya bisa mendapatkan tambahan buntelan ilmu. Sehingga nantinya ke depan makin semarak lembaran postingan bloggernya........ buntut..buntut-te ndak ngekor terus ama pini sepuh blogger...gitu.

Khusus mbak Tia di rumah "Angin Berbisik" .... trims oleh-olehnya..... saya do'ain dapat pahala sing GEDE ..... kalau mau dibuntel hasil lirikan-nya...sumonggo.

14 komentar:

CempLuk mengatakan...

mantap mas tutorial nya..

JALOE mengatakan...

Keren mas hasilnya..

Ayo tambah lagi donk tutornya .

Ani mengatakan...

Aku kepingin bisa photoshop tapi kok ya malas belajarnya, piye jal?

Ani(http://anied.blogspot.com)

sachroel mengatakan...

wah bisa dicoba nih

Tanakwagu mengatakan...

tutornya bagus tapi payah mau belajar

Anonim mengatakan...

wah wah wah
hebat wweleh wewlh welwh
hebat nih mas lainkali bagi2 ilmu yang lain yamas
...!!!
gmana2 ocky

MIQY_BLUES@yahoo.com

yunita mengatakan...

wah makasih ya atas ilmu yang diposting ne,tambah lagi dech pengetahuanku.Kapan2 lagi kalau ada postingan baru mengenai animasi adobe photoshop or lainnya aku mau coba lagi ya.Makasih lagi lho maz,,,lam knal lgi yach......

lincung mengatakan...

wah, bagus ma tutornya.
itu matanya asli gambar tangan or foto.

tanya juga mas.
file gif di kompi saya kok
gak jalan ya ?
kira-kria kenapa and solusinya. .
thx ya mas. .

bcom mengatakan...

to Lincung, coba install ACDsee

Oemar46 mengatakan...

nge save nya gimana sih mas? aku kok gagal terus yaa

bidikcom mengatakan...

to Oemar46 :
Coba laksanakan langkah : 17
saya yakin bisa, gunakan GIF jangan Jpeg

Dyah Mustika mengatakan...

aku da berhasil bikin animasi cm save nya aja yg g bisa padahal da ikuti langkahnya tapi kok hasilnya g bs gerk ya??

weze przemyslowe mengatakan...

Thanks untuk tutorialnya.

odziez ciazowa mengatakan...

Tampak besar. Terima kasih.

Posting Komentar

 
Foto saya
Ketidaktahuan anda adalah kepedulianku untuk selalu memberikan informasi, meski hanya sekedar hilangkan rasa ingin tahu saja.